Dua Piminan DPRD Luwu Dilantik, Kursi Golkar Masih Kosong

Kabardedikan.com, Luwu – Dua unsur pimpinan DPRD Luwu dilantik pada Senin, 14 Oktober 2024 di ruang Paripurna DPRD Luwu. Dua unsur pimpinan itu yakni Ahmad Gazali dari Fraksi Nasdem sebagai Ketua dan Andi Mammang Fraksi Gerindra sebagai wakil ketua.

Sesuai tata tertib DPRD Luwu, unsur pimpinan sebanyak tiga orang, yakni ketua, wakil ketua 1 dan 2. Namun dalam pelantikan itu, satu unsur pimpinan — wakil ketua dari Fraksi Golkar belum dilantik.

Sekretaris Dewan (Sekwan) Luwu Bustan menjelaskan bahwa tidak dilantiknya unsur pimpinan dari Golkar sebagai wakil ketua sebab belum ada rekomendasi yang diterima pihaknya.

Meski demikian ia tidak menampik jika Partai Golkar telah merekomendasikan sebuah nama untuk menjadi wakil ketua, namun Bustan menegaskan bahwa yang bisa dilantik hanya rekomendasi yang masuk ke sekretariat DPRD.

Sementara itu Kepala Bagian Umum dan Keuangan DPRD Luwu Ahmad Jamal mengatakan bahwa meskipun hanya dua unsur pimpinan, roda lembaga tetap bisa berjalan.

“Surat edaran Mendagri juga mengamanatkan seperti itu. Tidak perlu menunggu yang lain, kalau hanya satu atau dua yang siap, lembaga tetap bisa berjalan,” jelasnya.

Ia menambahkan bahwa Sekretariat DPRD Luwu tidak memiliki kewenangan melantik unsur pimpinan tanpa ada rekomendasi dari partai politik.

“Sehingga kami masih tetap menunggu siapa yang diutus dari Partai Golkar menjadi unsur pimpinan,” kata Jamal.

Pelantikan dua unsur pimpinan DPRD Luwu ini ditandai dengan penyempurnaan alat kelengkapan dewan (AKD), sehingga agenda-agenda legislatif sudah dapat berjalan sesuai dengan tata tertib yang berlaku, meskipun kursi Wakil Ketua dari Fraksi Golkar masih kosong. (Jayanto)

Komentar