Kemenkumham Mulai Bangun Kantor Imigrasi di Palopo

Kabardedikan.com, Palopo – Kementrian Hukum dan Ham (Kemenkumham) Sulawesi Selatan mulai membangun gedung kantor imigrasi kelas II non TPI Palopo, Kamis, 10 Oktober 2024. Pembangunan itu ditandai dengan peletakan batu pertama atau graundbreaking.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumhan Sulsel Taufiqurrakhman mengatakan, peletakan batu pertama ini bukan hanya tanda dimulainya pembangunan gedung baru, tetapi juga komitmen memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat

“Pembangunan gedung ini bukan hanya sekadar upaya untuk meningkatkan fasilitas fisik, tetapi juga simbol komitmen untuk memberikan pelayanan yang lebih baik dan lebih cepat kepada masyarakat,” katanya.

“Dengan adanya gedung baru yang lebih modern dan representatif, diharapkan dapat memfasilitasi berbagai kegiatan pelayanan kepada masyarakat, khususnya dalam pengurusan dokumen imigrasi,” tambah dia.

Sejurus itu, Penjabat Walikota Palopo, Firmanza mengungkapkan bahwa pembangunan kantor imigrasi Kota Palopo yang representatif memberikan dampak positif dalam perputaran ekonomi masyarakat.

“Palopo merupakan salah satu Kota di Sulawesi Selatan yang memiliki pertumbuhan yang sangat signifikan. Kehadiran gedung Kantor Imigrasi representative akan menghadirkan pelayanan terbaik bagi masyarakat Palopo dan sekitarnya,” jelas dia.

Sementara itu, Kepala Kantor Imigrasi (Kakanim) Palopo Yogie Kashogi mengungkapkan pembangunan gedung kantor imigrasi ini terletak di Kelurahan Takkalala Kecamatan Wara Selatan.

“Tujuan dibangun di lokasi ini untuk lebih memudahkan masyarakat mengurus dokumen keimigrasian dengan pelayanan terbaik yang lebih cepat, efisien, transparan dan ramah dari para petugas imigrasi palopo,” jelasnya.

Sumber anggaran pembangunan gedung ini berasal dari APBN dengan luas lahan 5.091 meter persegi dengan luas gedung utama 2.698 meter persegi.

Gedung Kantor Imigrasi Palopo akan dilengkapi dengan fasilitas gedung utama dua lantai untuk pelayanan dan perkantoran, masjid, kantin, area parkir yang luas dan fasilitas umum lainnya

Peletakan batu pertama ini dihadiri oleh Pj. Walikota Palopo, Pimti Pratama Kanwil Kemenkumham Sulsel, Forkopimda Kota Palopo, OPD Kota Palopo, Kakanim Makassar, Karudenim Makassar, Instansi vertikal se Kota Palopo, Perwakilan Bank Mitra Kerja Kanim Palopo, para Pejabat Kanwil Kemenkumham Sulsel dan Kepala UPT Keimigrsian dan Pemasyarakatan sekitar wilayah Kota Palopo.(*)

Komentar