Wakapolres Luwu Minta Masyarakat Ciptakan Pilkada Damai

Kabardedikan.com, Luwu – Wakapolres Luwu Kompol Misbahuddin mewakili Kapolres Luwu AKBP Arisandi, secara resmi menutup diskusi Forum Silaturahmi Kamtibmas yang diselenggarakan Satbinmas Polres Luwu di Aula Tebbakke Tongngenge, Rabu, 9 Oktober 2024.

Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari mulai 7 hingga 9 Oktober 2024. Tiap harinya diikuti per Zona wilayah, Zona I meliputi wilayah Larompong, Larompong Selatan, Suli, Suli Barat, Belopa dan Belopa Utara, Zona II Meliputi Bajo, Bajo Barat, Ponrang, Bupon, Ponrang Selatan, Bua. Serta Zona III meliputi wilayah Walenrang, Lamasi dan Bastem.

Wakapolres Luwu mengatakan pentingnya kesadaran dari seluruh elemen masyarakat untuk senantiasa menampilkan sikap dan perilaku yang santun dalam berdemokrasi, menghargai perbedaan dengan menghormati pilihan orang lain.

“Kami mengajak semua elemen masyarakat untuk berperan aktif dalam menciptakan suasana yang kondusif. Hindari kekerasan, intimidasi, praktek money politik, serta tidak menyampaikan ujaran yang mengandung narasi provokatif, hate speech, black campaign, serta hoax baik di dunia maya atau media sosial,” ujar Misbahuddin.

Ia menambahkan bahwa sinergi dan dukungan antar semua pihak sangat penting dalam menjaga kerukunan, terutama menjelang proses demokrasi tahapan Pilkada yang sudah berjalan.

Dirinya juga mengingatkan kepada Personil Polres Luwu agar tetap menjaga netralitas. Netralitas kata dia adalah kunci untuk menjaga kepercayaan masyarakat dan memastikan keamanan selama proses demokrasi.

“Sesuai arahan Bapak Kapolres Luwu kami ingatkan dengan keras kepada seluruh personil Polres Luwu untuk tidak terlibat dalam politik praktis. Setiap personel yang kedapatan memihak atau membantu pasangan calon tertentu akan kami tindak dengan tegas.” tegasnya.

Dalam diskusi ini selama tiga hari turut hadir juga Narasumber yang memberikan paparan diantaranya Kepala Kesbangpol Kab. Luwu, H. Kamal, Komisioner divisi hukum Bawaslu Luwu Wahyu Derajat, serta Kasat Intelkam yang diwakili oleh Kaur Bin Ops Sat Intelkam Polres Luwu Ipda Surawil Sabbeanga.

Sebagai penutup, diskusi Forum Silaturahmi Kamtibmas diharapkan dapat menjadi langkah konkret dalam memperkuat kolaborasi antara kepolisian dan masyarakat. Dengan melibatkan tokoh-tokoh kunci, diharapkan dapat tercipta kesepahaman yang kuat dalam menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban selama Pilkada Kabupaten Luwu 2024. Semua pihak diharapkan terus bersinergi untuk mewujudkan pilkada Luwu yang aman, damai, berbudaya dan bermartabat. (*)

Komentar