Inovasi ‘Integrasi Webku Berakhlak’ Dinas Pendidikan Luwu Raih 4 Penghargaan

Kabardedikan.com, Makassar – Kepala Bidang Pembinaan SD Dinas Pendidikan Luwu, Andi Padlang Noor, yang juga merupakan Reformer Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan XII dan XIII dari Lembaga Administrasi Negara RI (LAN RI) 2024, berhasil meraih penghargaan atas inovasinya ‘Integrasi Webku Berakhlak, Solusi Digitalisasi Pelayanan Publik’.

Inovasi ini meraih empat penghargaan sekaligus, yang diserahkan langsung oleh Kapuslatbang KMP Lan, Dr. Andi Taufik, M.Si.

Andi Taufik menyatakan kebanggaannya terhadap Kabupaten Luwu atas inovasi yang digagas oleh Kepala Bidang Pembinaan SD Dinas Pendidikan Luwu tersebut. Ia menyebut inovasi ini terpilih sebagai terbaik ketiga dari seluruh peserta, dan meminta agar inovasi tersebut terus dilanjutkan.

Nurati Rajab, Coach Andi Padlang mengapresiasi capaian yang diraih oleh mantan Kepala SDN 231 Padang Assompereng ini. Menurutnya, Andi Padlang mampu memimpin timnya dengan sangat baik.

“Itulah sejatinya pemimpin, mampu memampukan orang yang dipimpin. Luar biasa memang capaiannya. Saat rancangan masih ragu-ragu, tetapi saat implementasi luar biasa,” kata Nurati.

Ia juga menambahkan bahwa strategi dan pergerakan Andi Padlang menjadi poin utama dalam kesuksesan ini. “Pertahankan, Insyaallah PKN II menunggu,” pungkasnya.

Sementara itu, Andi Padlang Noor mengaku tidak menyangka terpilih sebagai salah satu dari tiga besar atas inovasi yang digagasnya. Awalnya, ia merasa kurang percaya diri melihat para reformer lainnya sebagai orang-orang hebat.

“Namun, proses pembelajaran dan pelatihan dalam PKA Angkatan XIII ini sangat lama dengan materi pelatihan yang cukup banyak. Sehingga saya meyakinkan diri bisa mempertanggungjawabkan inovasi kami ini,” ujarnya.

Inovasi ‘Integrasi Webku Berakhlak’ meraih empat penghargaan, dua di antaranya adalah penghargaan tertinggi yaitu Best Infografik dan Best Booth.

Penghargaan Best Infografik diberikan kepada Reformer yang membuat desain infografis kegiatan implementasi aksi perubahannya dengan baik dan benar.

Sedangkan penghargaan Best Booth diberikan kepada Reformer dan tim kerjanya pada saat seminar, dengan booth pameran yang menarik dan artistik serta kemampuan tim menjelaskan milestone dengan efektif kepada tim penguji.

Penghargaan Best Content Creator diberikan kepada Reformer yang berhasil mendokumentasikan kegiatan implementasi aksi perubahannya dalam bentuk video yang konten dan penyajiannya menarik.

Penghargaan The Analytical Reformer diberikan kepada Reformer yang berhasil menyusun laporan implementasi aksi perubahannya dengan langkah-langkah dan metode yang tepat.

Penilaian booth adalah puncak dari seluruh rangkaian kegiatan PKA Angkatan XIII yang dimulai pada bulan Maret hingga Juli 2024. (*)

Komentar