Polres Luwu Peringati Hari Lahir Pancasila 2024

Kabardedikan.com, Luwu – Seluruh personil Polres Luwu baik bintara hingga perwira menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila di halaman Polres Luwu, Sabtu, 1 Juni 2024.

Upacara itu dipimpin Wakapolres Luwu Kompol La Makkanenneng. Tahun ini tema Hari Lahir Pancasila: “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas Tahun 2045”.

Wakapolres Luwu membacakan amanat nasional dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik indonesia.

Ia menyatakan tema yang diusung tahun ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

“Di dalam pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional Bhineka Tunggal Ika,” ujarnya.

Dalam momentum yang sangat bersejarah ini, dirinya mengajak komponen bangsa dimanapun berada untuk bahu membahu membumikan nilai pancasila kedalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Sebagai penutup kami mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai pancasila,” pungkas La Makkanenneng.

Sekedar diketahui bahwa Hari besar ini yang dilaksanakan setiap 1 Juni, tepat di mana Presiden Soekarno menyampaikan pidatonya memperkenalkan Pancasila sebagai dasar negera Indonesia dalam sidang Dokuritsu Junbi Cosakai. (*)

Komentar