Pemda Lutra Berikan Bantuan Usaha Kepada 12 Perempuan

Kababededikan.com, Lutra – Pemerintah Kabupaten Luwu Utara memberikan bantuan Usaha Ekonomi Produktif atau UEP kepada 12 Perempuan Pemerlu di Kantor Bupati, Senin, 17 Mei 2024.

Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani mengatakan salah satu sasaran bantuan usaha ekonomi produktif ini adalah perempuan, sebab termasuk kelompok rentan yang perlu mendapatkan perhatian dan dukungan dari banyak pihak termasuk pemerintah.

“Dan khusus untuk usaha ekonomi produktif kali ini, kita memprioritaskan para perempuan yang sudah memiliki usaha, jadi bukan yang baru mau membangun usaha,” ungkap dia.

Dirinya menambahkan, bantuan tersebut juga, lebih menyasar ke usaha-usaha mikro, dibanding usaha menengah atau usaha makro. Sebab jelas Indah, usaha menengah atau makro dianggap sudah cukup kuat.

“Sehingga bisa menggandeng usaha-usaha kecil yang lain. Misalnya dengan membantu memberikan permodalan dalam bentuk barang,” jelasnya.

“Kita juga berharap agar ibu-ibu bisa lebih mengembangkan usahanya, minimal jika belum bisa naik level menjadi usaha menengah, setidaknya menjadi usaha mikro yang sudah cukup kuat perputaran ekonominya,” sambung Indah.

Indah berpesan kepada mereka yang menerima bantuan agar masyarakat tidak hanya bergantung pada bantuan dalam bentuk peralatan dan bahan yang diberikan.

“Kalau usahanya sudah cukup kuat, boleh mengakses lembaga pembiayaan. Dan memang ada yang khusus bergerak di usaha mikro, salah satunya ada PNM, pegadaian, bahkan di perbankan pun ada,” ujarnya.

Pemda juga ungkapnya, menyediakan program pembiayaan Ultra Mikro (UMi) dengan pembiayaan maksimum Rp.20 juta/debitur yang bunganya disubsidi oleh pemerintah bagi usaha ultra mikro yang belum dapat mengakses program pembiayaan dari perbankan.

“Saya tidak mempromosikan untuk meminjam uang tetapi terkadang untuk mengembangkan usaha, kita membutuhkan dukungan pembiayaan. Jadi jika dianggap perlu, maka ada akses yang bisa ibu-ibu gunakan. Tapi kalau tidak begitu perlu, lebih baik tidak,” tandas Indah.

“Jadi jika Ibu-ibu butuh, sampaikan saja, akan kita bantu dan dampingi untuk mengukur besaran kebutuhannya, kita fasilitasi untuk mengakses lembaga pembiayaan yang paling minim bebannya. Sekali lagi, ambil sesuai kebutuhan agar tidak memberatkan”.

Bupati Indah juga menyampaikan ucapan selamat kepada penerima program bantuan Usaha Ekonomi Produktif ini. Mudah-mudahan kata dia, dapat terus mengembangkan dan meningkatkan usahanya. (*)

Komentar