Innalilahi Wa Innailaihi Rajiun, 1 Anggota KPPS di Luwu Meninggal Dunia Usai Bertugas

Para anggota KPPS TPS 9 Kelurahan Padang Subur Kecamatan Ponrang terus bertugas hingga larut malam

Kabardedikan.com, Luwu — Pasca perhelatan pesta demokrasi Pemilu 2024 tidak hanya menyisakan hiruk pikuk perhitungan suara. Akan tetapi juga kabar duka. Salah satu anggota KPPS TPS 1 Desa Jenne Meja Kecamatan Ponrang Selatan Luwu meninggal Dunia.

Kepala Desa Jenne Meja Lukman membenarkan kabar duka itu. Dirinya mengatakan anggota KPPS itu bernama Asis Zulfiansah usianya diperkirakan 24 tahun. Asis dalam bilik TPS bekerja pada bagian tinta.

Lukman mengungkapkan, anggota KPPS itu meninggal pada pukul 19: 30, Jumat, 16 Februari 2024. Diduga Anggota KPPS itu meninggal akibat kelelahan.

Lukman juga menandaskan jika selama Pemilu kemarin tidak pernah mendengar kabar ada anggota KPPS dilarikan ke rumah sakit atau sesudah perhitungan suara. Dirinya mengatakan, Asis meninggal di rumahnya di Desa Jenne Meja.

“Mungkin di rumahnya, karena saya tidak pernah mendengar setelah Pemilu kemarin ada anggota KPPS dirawat di rumah sakit termasuk anggota KPPS di Desa Jenne Meja,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pemilu Kecamatan (PPK) Ponrang Selatan Rusli mengungkapkan, anggota KPPS, Asis tidak pernah memperlihatkan tanda-tanda kelelahan selama bekerja. Informasi itu dia dapatkan dari Ketua KPPS.

Meski demikian kata dia, jika ada anggota KPPS kelelahan akan cepat ditangani pihak medis dari Puskesmas Ponrang Selatan bahkan anggota KPPS yang sakit dilarikan ke Puskesmas untuk mendapatkan perawatan.

Terlebih kata dia, pihaknya telah menyediakan vitamin untuk para anggota KPPS, hal itu disediakan untuk mewanti-wanti kesehatan para anggota KPPS yang bekerja hingga larut malam.

Rusli juga telah menginstruksikan kepada seluruh anggota KPPS untuk mengambil jam tidur untuk istirahat.

“Dan itu saya sudah meminta ijin dari pihak KPU dan Pangawas Kecamatan (Panswacam) agar memberi waktu kepada para anggota KPPS untuk istirahat,” jelasnya saat dikonfirmasi di rumah duka di Desa Jenne Meja.

Rusli juga menjawab apakah anggota KPPS yang wafat mendapatkan santunan?. Dirinya mengatakan belum mengetahui hal itu, akan tetapi seluruh anggota KPPS telah terdaftar dalam BPJS Ketenagakerjaan.

Hingga kini, Rusli juga telah berkoordinasi dengan pihak KPU atas kejadian ini dan dirinya turut berbelasungkawa atas meninggalnya anggotanya itu. (Jayanto)

Komentar