Bulan K3 Nasional 2024, Masmindo Gelar Sosialisasi K3 di Sejumlah SMA

Kabardedikan.com, Luwu – PT Masmindo Dwi Area memperingati Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja atau K3 dengan menggelar sosialisasi Budaya K3 di dua SMA lingkar tambang Masmindo, yakni SMKN 10 Luwu di Desa Rumaju dilaksanakan pada 7 Februari 2024 dan SMAN 1 Luwu di Belopa pada 13 Februari 2024.

Tujuan Masmindo melaksanakan kegiatan ini untuk membiasakan siswa sejak dini terhadap K3, hal itu sejalan dengan tema nasional bulan K3 2024 yakni “Budayakan K3, Sehat dan Selamat dalam Bekerja, Terjaga Keberlangsungan Usaha”. Selain itu, bagaimana kegiatan tersebut memberikan pemahaman serta kepedulian para pelajar terhadap pentingnya K3.

Kepala Teknik Tambang atau KTT Masmindo Mustafa Ibrahim menyampaikan, dalam rangka memperingati Bulan K3 Nasional yang biasa berlangsung dari 12 Januari hingga 12 Februari, sesuai arahan Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM Republik Indonesia, Masmindo kembali menunjukkan komitmen dan kepeduliannya dalam hal berbagi kesadaran akan pentingnya K3 dalam semua aspek bagi pihak-pihak terkait atau stakeholders.

“Momentum ini juga merupakan kesempatan yang tepat bagi Masmindo untuk terus mengkomunikasikan kondisi dan rencana kegiatan Masmindo terkini pada semua pihak. Termasuk pihak sekolah dan akademisi. Terutama akan dimulainya pembangunan fasilitas tambang (konstruksi) di 2024 ini,” jelasnya.

Dalam kegiatan itu yang dihadiri setidaknya 100 peserta dari kalangan pelajar SMA, Manager Occupational Health & Safety (OHS) Masmindo Hary Sukrisno serta Superintendent OHS Masmindo Feri Kristiyanto memberikan materi ihwal aspek K3.

Dirinya menuturkan, K3 tidak hanya berlaku di lingkungan kerja, tapi juga berlaku dan berperan penting dalam semua aspek kehidupan sehari-hari.

Semua orang termasuk para pelajar dalam peserta itu perlu mengidentifikasi bahaya dan mengendalian risiko yang ada di lingkungan sekitar.

Selain materi tersebut, para peserta juga yang diajari Basic Life Support atau bantuan hidup dasar yang dibawakan oleh paramedik Masmindo.

Dalam materi itu menandaskan, keterampilan ini sangat berguna sebab sebagai langkah awal penyelamatan korban saat kondisi darurat terjadi.

Mereka, peserta diajak berpartisipasi untuk mempraktekkan keterampilan BLS ini, terutama teknik pemberian bantuan resusitasi jantung paru (RJP) secara langsung dengan menggunakan alat peraga.

Sebelumnya pada peringatan Bulan K3 Nasional Tahun 2023 lalu, Masmindo juga telah melaksanakan sejumlah kegiatan seperti “Kuliah Umum K3″ sejumlah perguruan tinggi di Palopo.

Tercatat 6 sesi Kuliah Umum K3 telah dilaksanakan Masmindo bagi kampus-kampus setempat selama periode 2023 dengan jumlah partisipan sekitar 800 peserta. Masmindo juga berkomitmen melanjutkan kegiatan serupa di waktu akan datang. (*)

Komentar