Bupati Indah Dorong Dasa Wisma Turut dalam Pembangunan

Kabardedikan.com, Lutra — Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani mengatakan, sejak orde baru, Pemerintah telah mendekatkan pembangunan yang partisipatif. Artinya kata indah melibatkan masyarakat di dalam proses pembangunan.

“Misalnya, ada masalah stunting di wilayahnya, jangan hanya nonton kasusnya tapi kita harus mengambil peran dalam menuntaskan masalah stunting tersebut,” kata Indah saat membuka kegiatan Orientasi Kader Dasa Wisma Kecamatan Masamba dan Mappedeceng di Aula Kantor Camat Mappedeceng, Senin 22 Januari 2024.

Menurutnya, kenapa perlu mengaktifkan kembali dasa wisma sebab diharapkan kehadiran mereka dapat mengambil peran dalam membangun daerah dan kasus-kasus seperti stunting.

“Jika semua dasa wisma aktif, akan ada 3000 lebih dasa wisma yang ada di Kabupaten Luwu Utara. Pada akhirnya jika dasa wismanya berfungsi, maka desanya akan menjadi desa siaga karena manejemen di dalam pelaksanaan pemerintahan yang diselenggarakan secara terbuka dan aktif maka pemerintahan desa atau kelurahan akan sangat terbantu,” ujarnya.

Lebih lanjut, Indah menuturkan dasa wisma bisa menguntungkan anggotanya sendiri. Olehnya itu, dirinya menyakini aktifnya dasa wisma tidak akan ada orang yang akan tertinggal dalam pembangunan.

“Selain menguntungkan untuk anggotanya sendiri, teman-teman kepala desa akan sangat dibantu. Secara politik, bapak tidak usah bekerja keras karena sudah tersentuh semuanya dengan program,” terang Indah yang sebelumnya

Dirinya berharap dasa wisma dapat merevitalisasi dan aktif untuk mensukseskan 10 program pokok PKK.

“Tugas saya merevitalisasi, kita letakkan dasarnya untuk Luwu Utara yang gemilang. Terakhir, saya mohon dengan sangat ibu-ibu untuk semangat. Pada dasarnya, dasa wisma untuk membangun dan membantu pemerintah sekaligus mengambil peran penyelenggaraan pemerintahan dalam pembangunan,” pungkas Indah. (*)

Komentar