Bupati Apresiasi KTNA Luwu, Berhasil Panen Padi Varietas Baru

Kabardedikan.com, Luwu – Bupati Luwu Basmin Mattayang menghadiri panen perdana padi uji coba varietas Cakrabuana kelompok Tani Rante Bunne Kelurahan Suli, Kecamatan Suli, Kamis, 18 Januari 2024.

Bupati Luwu menyanjung Kontak Tani Nelayan Andalan atau KTNA sebab membawa varietas baru dari kegiatan Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan (Penas) 2023 di Padang beberapa waktu lalu.

“Seperti ini yang kita nantikan, ada hasil yang dibawa dari mengikuti Penas. Alhamdulillah KTNA menghadirkan varietas baru untuk diujicoba dan hasilnya bagus,” jelas Basmin.

Dirinya mengatakan lebih jauh, agar varietas baru ini bisa lebih dikembangkan untuk dijadikan bibit padi unggulan di Kabupaten Luwu.

“Kita lihat ini bagus, jadi bisa dikembangkan supaya bisa meningkatkan pendapatan perkapita para petani kita,” ungkpanya.

“Bangsa ini akan anjlok dan hancur jika tidak ada petani, sumber kehidupan kita dari petani,” sambung Bupati Luwu.

Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Luwu, Dahsan Lubis mengungkapkan bahwa padi yang dipanen tersebut merupakan varietas padi yang dibawa dari Pekan Nasional KTNA 2023 di Kota Padang. Nama varietas padi itu Cakrabuana. Kata dia varietas lain Herkules ditanam di Kecamatan Belopa. “Hasilnya meningkat,” aku Dahsan.

Dirinya berterima kasih atas perhatian Pemerintah Kabupaten Luwu pada kegiatan-kegiatan KTNA dalam upaya meningkatkan produksi petani.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Luwu dalam laporannya menjelaskan hasil ubinan untuk melihat perkiraan hasil panen tanaman padi yang diperoleh sekitar 7,2 ton per hektar.

“Karena kami hanya melakukan uji coba diluasan lahan 0,2 hektar atau 20 are sehingga diperkirakan kami memperoleh 1,4 ton. Ini diatas rata-rata produksi di Kecamatan Suli bahkan di Kabupaten Luwu yang rata-rata 5,5 ton per hektar,” jelasnya.

“Deskripsinya varietas ini berpotensi mencapai 10,3 ton per hektar. Mudah-mudahan hasil ini dapat kita capai setelah kita melakukan ujicoba lanjutan,” imbuh Jumardin.

Dalam kegiatan itu, secara simbolis Bupati Luwu memotongan padi bersama Kepala Dinas Pertanian drh. Jumardin, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Andi Makkawaru, Ketua KTNA Kabupaten Luwu Dahsan Lubis dan Forkopimcam Suli. (*)

Komentar