PR Polres Luwu di Walenrang Timur, Tawuran Kelompok hingga Konvoi Jenasah

Kabardedikan.com, Luwu — Sejumlah hal menjadi catatan Kapolres Luwu AKBP Arisandi saat menghadiri kegiatan mingguan Polres Luwu — Jumat Curhat di Kecamatan Walenrang Timur pada Jumat, 12 Januari 2023.

Dalam kegiatan itu, sejumlah permasalahan sosial yang dikeluhkan warga salah duanya ialah maraknya perkelahian antar kelompok dan konvoi penjemputan jenazah yang kerap meresahkan pengguna jalan di wilayah Walenrang Timur.

Kapolres Luwu menuturkan, sudah saat saatnya seluruh pihak mengambil peran penting menjaga keamanan bersama. Setidaknya – tidaknya dimulai dari keluarga sebagai lembaga sosial terkecil yang memiliki aturan-aturan yang dipatuhi seluruh anggota keluarga.

“Jadi jika terjadi suatu tindak pidana di masyarakat, perlu kita lihat kembali bagaimana pranata yang berlaku di dalam keluarga pelaku itu sendiri,” kata Arisandi.

Terkait perkelahian kelompok, kata dia,
adalah orang-orang yang berupaya menghindari tanggung jawab pribadi sehingga melakukan pelanggaran namun berlindung dibalik identitas kelompoknya.

Kapolres Luwu berjanji akan menindaklanjuti keluhan warga itu agar
meminimalisir aksi tawuran atau perkelahian kelompok di Walenrang Timur.

Dirinya menjelaskan, di lokasi yang kerap terjadi perkelahian kelompok akan mengaktifkan fungsi Pospol yang ada di dekat perempatan tugu desa Rantai Damai, desa Tanete dan desa Pangalli.

“Pospol tersebut akan berfungsi sebagai tempat koordinasi dan kolaborasi stake holder terkait termasuk TNI – Polri dan tokoh masyarakat di kecamatan Walenrang Timur,” ujar Arisandi.

Sementara itu, Anggota DPRD Luwu AKBP (Purn) Herman Paral turut hadir dalam kegiatan ini, mengapresiasi kegiatan yang diadakan Polres Luwu yang telah proaktif dalam menampung, mendengarkan aspirasi dan menjawab keluh kesah dari masyarakat.

Kegiatan itu juga dihadiri oleh Camat Walenrang Timur Nanang Irawan, Anggota DPRD Luwu lain Zeth Ida Parante, beberapa Pejabat Utama Polres Luwu, Para Kepala Desa se-Kecamatan Walenrang Timur, Babinsa dari Kodim 1403, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama dan tokoh wanita Walenrang Timur. (*)

Komentar