Pembangunan Jalan Usaha Tani di Desa Buntu Pasik Dorong Produktivitas Petani

Kabardedikan.com, Luwu — Pemerintah Kabupaten Luwu terus berupaya agar produktivitas pertanian terus meningkat. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah ialah pembangunan jalan usaha tani.

Kehadiran pembangunan jalan usaha tani ini memberikan akses transportasi para petani dalam meningkatkan produktivitas mereka. Pembangunan seperti ini memberikan dampak positif bagi pertanian di Kabupaten Luwu.

Penjabat Pembuat Komitmen atau PPK Proyek Pembangunan Jalan Usaha Tani di Buntu Pasik, Nur Syamsi menjelaskan, proyek tersebut dikerjakan CV Ebumi Perkasa, anggarannya sebesar Rp 94 juta lebih. Bersumber dari Dana Alokasi Umum Dinas Pertanian Luwu. Dengan nomor kontrak kerja: 520.1/2048/DISTAN/X/2023.

“Harapannya kita, kehadiran proyek ini bisa bermanfaat kepada masyarakat sekitar. Setidaknya bisa meningkatkan dan mendorong produktivitas pertanian atau perkebunan di desa tersebut,” ujar Nur Syamsi yang juga Kasi P2HP bidang Perkebunan Dinas Pertanian Luwu.

Sementara itu, Salah satu masyarakat Desa Buntu Pasik mengapresiasi pembangunan jalan usaha tani itu. Dirinya berterima kasih atas kehadiran pembangunan tersebut. Selain memudahkan transportasi para petani, distribusi pertanian juga lebih mudah saat membawa pupuk atau hasil pertanian ke tempat yang bisa dijangkau para pembeli hasil tani.

“Jalan usaha tani ini penting dalam meningkatkan produktivitas pertanian, mempermudah transportasi hasil pertanian dan aksesibilitas ke lahan, serta meningkatkan kesejahteraan petani dan masyarakat di sekitar lahan pertanian,” ujar dia belum lama ini.

Sedari awal Kementerian Pertanian juga berupaya mendorong produktivitas pertanian meningkat, melalui Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan, Ali Jamil menjelaskan, prasarana dan sarana pertanian di era pertanian modern ini sangat dibutuhkan untuk peningkatan produktivitas.

Majunya sistem pertanian kata Ali, tak hanya ditandai dengan penggunaan alsintan, tapi juga meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan petani melalui jalan usaha tani.

“Jalan usaha tani ini sejalan dengan tujuan pembangunan pertanian nasional yakni menyediakan pangan untuk seluruh rakyat, meningkatkan kesejahteraan petani dan menggenjot ekspor,” ujar Ali.

Olehnya itu, kehadiran pembangunan jalan usaha tani di Desa Buntu Pasik Kecamatan Larompong itu patut diapresiasi, sebab Pemerintah terus menjawab tantangan para petani yang dihadapi saat ini, tujuannya bagaimana meningkatkan kesejahteraan petani di Luwu.

Pembangunan jalan usaha tani ini sangat penting bagi para petani, jika ditelisik lebih jauh sama penting alsintan dan pupuk. Olehnya itu terlaksananya pembangunan itu akan sangat membantu masyarakat petani di Desa Buntu Pasik. (*)

Komentar