Siap Berangkat, 274 CJH Luwu Sudah Melunasi BPIH

KASI Penyelenggara Haji dan Umrah Drs. H. ARMIN, M.Sos.I

Kabardedikan.com Luwu – Kasi penyelenggara haji Kemenag Luwu, Armin mengungkapkan, hingga saat ini tidak ada kendala dalam pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) bagi Calon Jamaah Haji (CJH) Luwu. Dari kuota jemaah Luwu sebanyak 274 orang, semuanya telah melunasi biaya tersebut.

Sebelumnya, Kementerian Agama Republik Indonesia memperpanjang batas waktu pelunasan BPIH hingga 19 Maret 2023, lantaran masih banyak calon jamaah haji belum melakukan pelunasan.

Data dari Kemenag Provinsi Sulawesi Selatan menunjukkan bahwa masih ada 461 calon haji yang belum melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji atau BPIH.

“Yang belum melunasi ada 461 orang. Jadi, akan dioptimalkan cadangannya,” kata Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Sulsel Ikbal Ismail seperti dilansir Antara di Makassar, Senin.

Armin mengungkapkan, CJH di Kabupaten Luwu sangat antusias untuk mengikuti ibadah haji. Hingga saat ini, tidak ada kendala dalam proses pelunasan, meskipun beberapa waktu lalu terjadi kenaikan biaya haji.

“Sejauh ini, pelunasan berjalan lancar seperti halnya calon jemaah haji dari provinsi lain. Antusias calon haji kita sangat tinggi,” ujar Armin di ruang kerjanya, Selasa, 16 Mei 2023.

Untuk kuota calon haji Luwu sebanyak 258 orang ditambah 16 lansia, total 274 orang, Armin mengonfirmasi bahwa semuanya telah melunasi BPIH.

Armin juga telah melakukan sosialisasi kepada cadangan CJH untuk mempersiapkan diri, termasuk pelunasan BPIH, jika terjadi halangan bagi kuota 258 orang maka cadangan bisa menggantikannya.

Ia juga menyampaikan bahwa pemerintah saat ini memberikan peluang kepada lansia untuk tetap dapat berangkat haji, meskipun kuota lansia di Sulawesi Selatan terbatas, dengan usia 90 tahun.

“Alhamdulillah, pemerintah telah memperhatikan hal ini. Sebelumnya, mereka yang berusia 80 tahun ke atas tidak dapat melakukan haji, tetapi sekarang mereka diberikan kesempatan, meskipun kuota dan fasilitas terbatas,” ungkapnya.

Armin juga mengungkapkan bahwa daftar tunggu di Kabupaten Luwu saat ini mencapai 23 tahun, yang menurutnya relatif singkat dibandingkan dengan kabupaten lain di Sulawesi Selatan.

Saat ini, calon jemaah haji Luwu sedang memasuki tahap menasik haji tingkat kecamatan. Kabupaten Luwu memiliki 5 titik menasik tingkat kecamatan, yaitu Masjid Raya Keppe, Masjid Raya Suli, Masjid Raya Bajo, Masjid Raya Pattedong, dan Masjid Kandoa.(JAYANTO)

Komentar