Berkas Pendaftaran Bacaleg PDI Perjuangan Luwu Dinyatakan Lengkap dan Diterima

Kabardedikan.com, Luwu — Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Luwu resmi mendaftarkan 35 Bakal Calon Legislatif atau Bacalegnya di KPU Luwu setelah melalui proses pemeriksaan dan pencocokan dokumen fisik di lantai dua Kantor KPU Luwu, Sabtu, 13 Mei 2023. Dokumenya dinyatakan lengkap dan diterima.

“Setelah melakukan pemeriksaan dan pencocokan dokumen fisik pengajuan pendaftaran calon setiap Dapil, maka berkas PDI P Luwu dinyatakan lengkap dan diterima,” ungkap Abdullah Sappe Ampin Maja, Komosiner KPU Luwu.

Sementara itu, Ridwan Bakokang Sekretaris PDI P Luwu mengatakan, meskipun sudah melalui proses pendaftaran, pihaknya akan terus melakukan perbaikan-perbaikan dokumen hingga dinyatakan lengkap 100 persen.

“Kita akan tetap melakukan perbaikan dokumen yang akan diperiksa KPU seperti ijasah Caleg yang belum dilegalisir, kami minta untuk segera diperbaiki” katanya kepada wartawan usai melakukan pendaftaran.

Hal tersebut dilakukannya agar memastikan bahwa berkas persyaratan calon legislatif PDI Perjuangan Luwu benar-benar lengkap dan memenuhi syarat yang ditetapkan KPU.

Sebelumnya, Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Luwu Andi Admiral menyampaikan jika Caleg PDI P Luwu di setiap Daerah Pemilihan (Dapil) terisi termasuk kouta 30 persen keterwakilan perempuan.

“Kami telah menyiapkan kader kader terbaik di setiap Dapil. Mereka juga sudah siap menambah kursi yang sebelumnya kita memperoleh 3 kursi, karena memang ada beberapa titik potensial,” kata dia, Kamis, 11 Mei 2023.

Meski demikian, dirinya menyatakan tidak ingin muluk-muluk pada kontestasi Pemilu 2024 ini, namun dirinya yakin ada beberapa titik Dapil kata dia bisa menambah kursi PDI Perjuangan Luwu.

“Kami yakin bisa menambah kursi, meski tidak ingin target muluk-muluk satu kursi satu Dapil tetapi, memang ada potensi kursi bertambah di titik yang kami anggap potensial,” tandas Admiral.

Admiral juga menegaskan, jika Caleg yang disiapkan sudah siap memenangkan pentas demokrasi nanti. Pasalnya kata Admiral, keseriusan caleg mereka tidak diragukan lagi, sebab kata dia selain melakukan proses penjaringan beberapa caleg mendaftarkan secara mandiri.

“Itu bukti tingkat keseriusan Caleg PDI Perjuangan Luwu tidak diragukan lagi, karena memang di luar dari proses penjaringan mendatangi tokoh-tokoh masyarakat memang ada yang datang sendiri ke kita sehingga kita bisa pastikan tingkat keseriusannya tidak diragukan lagi,” pungkas Admiral.

Sebelumnya, 11 Mei 2023, Berkas pendaftaran Bacaleg PDI Perjuangan Luwu dikembalikan KPU untuk melakukan perbaikan beberapa dokumen. Hari ini, berkas tersebut dinyatakan lengkap dan diterima yang dibacakan langsung Komosiner KPU Luwu Sappe dan disaksikan langsung Komisioner Bawaslu Luwu.(Jayanto)

Komentar