Ada Apa, KPM PKH Desa Mario Terima Dana Malam Hari?

Kabardedikan.com, Luwu – Puluhan masyarakat Desa Mario, KPM PKH sejak siang menunggu penyaluran dana. Akan tetapi, waktu yang telah dijanjikan molor hingga tengah malam, parahnya saat proses penyaluran berlangsung tiba-tiba masyarakat pulang lantaran penyaluran ternyata diundur hingga besok hari lagi.

Pulangnya sejumlah KPM yang belum sempat menerima bantuan dana tersebut disinyalir kehadiran Jurnalis di lokasi . Hal itu terlihat ketika salah satu KPM dimintai klarifikasi oleh pendamping saat ketahuan sempat berbicara dengan jurnalis sebelum penyaluran mulai.

Pendamping PKH mengatakan kepada kami usai kegiatan itu, jadwal yang ditetapkan penyaluran di Desa Mario jam 2 siang namun katanya ada miskomunikasi dengan agen sehingga penyaluran dilakukan malam hari.

Selain Miskomunikasi, penyaluran itu hanya mengandalkan satu agen dan ada gangguan jaringan membuat kegiatan penyaluran terhambat.

“Awalnya tadi jam 2 janjinya agent, cuman agent terjadi miskomunikasi dengan ketua kelompok KPM dan banyak yang di isi dan satu ji yang beroperasi,” kata Alfianto Pendamping PKH Desa Mario, Sabtu, 11 Maret 2023 pukul 01: 00 (dini hari).

“Di sini tergantung dengan jaringan juga karena jaringan tadi lalo (lambat loading) di dalam, terhambat maki padahal targetnya tadi di Padang Sappa itu pagi sampai siang, tapi karena jaringan terhambat maki, molor sampai habis magrib,” katanya lagi.

Kendati pelbagi hambatan, Pendamping sudah menyampaikan sejak awal jika kegiatan penyaluran sebelumnya akan berakhir setelah magrib dan lewat jam 8 pendamping tidak ingin melanjutkan.

Namun karena permintaan masyarakat Desa Mario, pendamping melayani kegiatan penyaluran meskipun telah malam hari.

Dari hasil pantauan kami kegiatan tersebut baru mulai pada jam 11 malam hingga 12 malam namun kegiatan tersebut bubar sehingga sejumlah warga pulang dan dilanjutkan besok hari.

“Awalnya saya sudah sampaikan selesai magrib, saya tanya ibunya bagaimana apa kita mau lanjut atau tidak?, kalau sampai jam 8 saya tidak mau lanjut lagi, tapi katanya dia bilang saya sudah terlanjur di sini mika Pak buat apa mi’ lagi saya pulang terlanjur menunggu mika ini dari tadi sore,” katanya menirukan permintaan masyarakat.

“Saya juga sudah sampaikan di group lewat jam 8 tidak usah dilanjutkan tapi ibu-ibu ngotot mau lanjutkan,” pungkasnya.(Jayanto)

Komentar