Tingkatkan Kinerja Instansi, Pemkab Luwu Launching E – SAKIP di Makassar

Kabardedikan.com, Makassar- Pemerintah Kabupaten Luwu terus mendorong peningkatan sistem roda pemerintahannya.

Olehnya, Pemkab Luwu menggelar pendamping dan pelaksanaan sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah dan reformasi birokrasi dirangkaikan Launching E – SAKIP Kabupaten Luwu di Makassar, 23 Februari 2023.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Luwu Sulaiman membuka secara resmi kegiatan tersebut, ia menjelaskan pada tahun 2019 SAKIP Luwu meraih predikat “C”.

“Namun kita terus melakukan perbaikan hingga tahun 2020 predikat nilai SAKIP kita mengalami kemajuan dalam pelaksanaannya masuk dalam kategori “B”,” katanya.

Demikian pula dengan pelaksanaan reformasi birokrasi tahun 2020 sambung Sulaiman, predikat penilaian mandiri pelaksanaan reformasi birokrasi Luwu meraih predikat “C” dan pada Desember 2022 disampaikan bahwa nilai predikat PMPRB sudah naik ke predikat “CC”.

“Ini menandakan bahwa ada proses yang berjalan menuju ke arah yang lebih baik,” ucap Sekda Luwu.

“Harapan kita, di akhir tahun 2023 ini nilai SAKIP kita sudah naik dari B menjadi BB, kemudian nilai reformasi birokrasi kita dari CC menjadi B,” ucapnya lagi.

Kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun t
sebagai bentuk perhatian Pemerintah Kabupaten Luwu untuk menjawab beberapa catatan Kemenpan RB terkait pemenuhan kinerja dan pemenuhan sumber daya adalah dengan melaunchingkan pengadaan Aplikasi E-SAKIP.

Harapanya aplikasi ini dapat secara mandiri mengontrol kualitas kuantitas perencanaan, pengukuran, dan kualitas kinerja sumber daya di Pemerintah Kabupaten Luwu.

Senada, Kepala Bagian Organisasi Setda Kabupaten Luwu, Andi Makkasau Fizal, menjelaskan tujuan kegiatan ini untuk menghadapi Evaluasi Akuntabilitas Kinerja pemerintah daerah kabupaten Luwu lebih terarah, dengan menargetkan penilaian SAKIP nantinya meraih nilai “BB”.

Komentar