Masmindo Kembali Gelar Kuliah Umum K3 di Kampus Unismuh Palopo

Kabardedikan.com, Palopo – PT Masmindo Dwi Area kembali menggelar kuliah umum tentang Keselamatan Kesehatan Kerja (K3). Kali ini giliran kampus Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palopo.

Kegiatan tersebut diselenggarakan di Muhammadiyah Convention Center pada Selesa, 14 Februari 2023. Pihak Masmindo menyampaikan jika Kuliah umum K3 ini termasuk kegiatan sebelumnya yang diselenggarakan sejak Januari kemarin.

Dalam sambutannya, Manager External Masmindo Yudhi Purwandi mewakili Manajemen Masmindo mengungkapkan terima kasihnya kepada pihak kampus yang telah menerima pihak Masmindo di Kampus Unismuh Palopo.

Dirinya mengakui baru kali ini mengadakan Kuliah Umum yang diikuti banyak peserta, tidak kurang dari 200 orang.

“Semoga kegiatan ini mengawali hubungan baik antara pihak perusahaan dan pihak kampus,” kata Yudhi dalam sambutannya.

Dirinya juga berharap melalui kegiatan ini bisa mendukung wawasan dan pemahaman mahasiswa khususnya gambaran dan tantangan dunia pertambangan.

Sementara itu, Rektor Universitas Muhammadiyah Dr. Salju, S.E. M.M. dalam sambutannya menyampaikan, “Dengan Kurikulum Merdeka yang diterapkan sekarang, pihak kampus diharapkan bisa lebih banyak membuka jalinan komunikasi dengan pihak dunia usaha,” tuturnya.

Melalui kesempatan itu, Rektor Unismuh Palopo menyampaikan apresiasinya kepada Masmindo atas inisiatifnya memberikan kuliah umum tersebut.

“Semoga kerjasama dan hubungan baik antara Universitas Muhammadiyah Palopo dan Masmindo ini dapat berlanjut di masa-masa mendatang,” harapnya.

Dalam kegiatan itu para peserta diberikan paparan tentang sejumlah aspek Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) oleh Superintendent Occupational Health & Safety (OHS) / Team Leader Emergency Response Team (ERT) Masmindo Sopian Hadi.

Dalam paparannya, ia menekankan aspek K3 tidak hanya berlaku di lingkungan kerja saja, tapi juga berlaku dan berperan penting dalam semua aspek kehidupan sehari-hari.

“Mari membentuk budaya K3 di kehidupan sehari-hari,” pesan dalam Kuliah Umum K3 yang mengangkat tema “Terwujudnya Pekerjaan Layak yang Berbudaya K3 Guna Mendukung Keberlangsungan Usaha di Tempat Kerja”.

Selain materi K3, materi yang lain ialah Bantuan Hidup Dasar (Basic Life Support/BLS) yang dibawakan oleh Paramedik Masmindo Sukarman.

Materi dan keterampilan ini sangat berguna sebagai langkah awal penyelamatan saat kondisi darurat terjadi. Peserta juga diajak langsung mempraktekkan keterampilan BLS ini dengan menggunakan alat peraga.

Komentar