Pawai Karnaval Budaya Buka Kegiatan HUT Kota Belopa ke 17

Kabardedikan.com, Luwu – Pawai Karnaval Budaya membuka rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun Belopa Ke 17 sebagai ibu kota Luwu di jalan poros Makassar – Palopo, Kelurahan Tanamanai, Sabtu 11 Februari 2023 siang.

Pawai Karnaval Budaya ini disaksikan langsung oleh Bupati Luwu Basmin Mattayang dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Luwu Hayarna Basmin.

Pawai Karnaval Budaya diawali dengan penampilan Marching Band MTs Negeri Belopa, kemudian dilanjutkan peserta dari 22 Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Luwu serta disusul peserta dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kabupaten Luwu.

Dalam pawai karnaval budaya ini hampir seluruh peserta menampilkan tarian dan atraksi budaya sesuai tradisi wilayah masing-masing.

Atas penampilan itu Bupati Luwu menyampaikan apresiasi kepada para peserta atas upaya melestarikan budaya Luwu.

“Tentunya tujuan diadakannya kegiatan ini adalah salah satu upaya pemerintah daerah dalam melestarikan budaya yang kita miliki termasuk bagaimana memperkenalkan dan mengajari putra putri kita tentang budaya Luwu melalui kegiatan karnaval budaya ini,” ucap Basmin Mattayang.

Sementara itu tim karnaval Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu menampilkan kreasi senam cuci tangan yang menggambarkan agar masyarakat dalam setiap melaksanakan aktifitas untuk senantiasa menjaga kebersihan terutama kebersihan tangan.

Sementara Dinas Pemuda dan Olahraga menampilkan atraksi pencak silat dari Tapak Suci Putera-puteri Muhammadiyah binaan Salmawati SPd, yang berjumlah 40 orang, salah satu diantaranya adalah Muhammad Uwais Rahmat yang berusia sekitar 4 tahun 9 bulan.

Tidak hanya tarian budaya dan atraksi keahlian lainnya, para peserta juga membawa hasil bumi yang mereka kelola. Ini menandakan bahwa Kabupaten Luwu dengan semboyan Wanua Mappatuo Na Ewai Alena sebagai Kabupaten dengan tanah yang sangat subur.

Turut hadir Kapolres Luwu, AKBP Arisandi, Kajari Luwu, Andi Usama Harun, Dandramil Belopa, Kapten Syarifuddin, Sekda Luwu, H Sulaiman, para Kepala OPD dan Pengurus TP PKK Kabupaten Luwu

Berikut rangkaian acara Hari Jadi ke-17 Belopa,

Tanggal 11 Februari 2023 Karnaval Budaya

Tanggal 13 – 15 Februari 2023 Pelaksanaan Pasar Murah Untuk Masyarakat

Tanggal 13 Februari 2023 Malam Hiburan Rakyat

Tanggal 14 Februari 2023
Malam Hiburan Rakyat

Tanggal 15 Februari 2023
Malekke Wae Rangkaian Kegiatan Mappacekke Wanua

Tanggal 15 Februari 2023
Maddoja Roja Rangkaian Kegiatan Mappacekke Wanua

Tanggal 16 Februari 2023
Mangeppi Wae Rangkaian Kegiatan Mappacekke Wanua

Tanggal 16 Februari 2023
Puncak Peringatan Hari Jadi ke-17 Belopa Sebagai Ibu Kota Kabupaten Luwu

Tanggal 17 Februari 2023
Jalan Sehat Sulsel Anti Mager

Tanggal 25 Februari 2023
Jelajah Alam Luwu ( Trail Adventure PP )

Tanggal 25 – 26 Februari 2023
Jip Overland

Komentar