Pembebasan Lahan Pembangunan Runaway Bandara Bua, Bupati: Ganti Untung

Kabardedikan.com, Luwu – Bupati Basmin mengungkapkan penyerahan uang dari pemerintah kepada masyarakat atas pengadaan tanah pembangunan “Runaway” bandara bua itu adalah ganti keuntungan, bukan kerugian.

Hal itu disampaikan Bupati Luwu Basmin Mattayang saat kegiatan penyerahan secara simbolis uang ganti kerugian atas pengadaan tanah pembangunan runaway Bandara Lagaligo Bua, di ruang kantor Bappelitbangda pada Kamis 29 Desember 2022.

Kata uang ganti rugi ini telah membudaya kata Basmin, padahal menurutnya jika melihat dari jumlah dana yang diterima oleh masyarakat Pabarassang dan Tanarigella, nominalnya tidak sedikit.

“Harga dari 1 hektar tanah mencapai 1,2 miliar lebih. Jika masyarakat menjual sendiri, atau melakukan transaksi individu, kemungkinan harganya lebih kecil dari nilai tersebut,” ucap Bupati.

Terlebih sambung Basmin, jika bandara Bua ini berkembang, maka yang akan merasakan dampaknya secara langsung adalah masyarakat Kecamatan Bua, ” Sebab nantinya akan menjadi pusat perputaran ekonomi, pusat transaksi yang berpengaruh terhadap melonjaknya kunjungan wisatawan,” akunya.

Pembangunan Runaway tersebut bertujuan untuk memberikan kontribusi dalam mempercepat pertumbuhan ekonomi serta meningkatkan aksessibilitas masyarakat di wilayah Kabupaten Luwu, khususnya bagian Belopa, Bua dan kota Palopo.

Sementara itu Bidang Pertahanan Dinas Kepala Bidang Provinsi Sulawesi Selatan Fakhruddin mengungkapkan, pembayaran uang ganti rugi ini melalui heber proses.

Prosesnya dimulai dari rapat koordinasi bersama Pemkab Luwu, kemudian melakukan verifikasi dokumen dan perencanaan, melakukan pemberitahuan kepada masyarakat terkait pengadaan tanah untuk pembangunan runway Bandara Bua.

Setelah itu pendataan lokasi, konsultasi publik, pembuatan SK penetapan lokasi, permohonan tahapan pelaksanaan pengadaan tanah, dan penyerahan SK penugasan.

Di tempat sama Kapolres Luwu AKBP Arisandi menyampaikan rasa optimisnya potensi kemajuan ekonomi kabupaten Luwu di masa yang akan datang.

Menurutnya, dengan adanya realisasi pembangunan lanjutan runaway bandara IlagaLigo bandara ini nantinya akan memberikan kesempatan masuknya pesawat boeing sehingga akan meningkatkan mobilitas orang.

Selain itu lanjutnya, mobilitas barang dan mobilitas logistik sehingga akhirnya akan memberikan kontribusi pertumbuhan ekonomi pada wilayah di Kabupaten Luwu.

Komentar