Harkopnas ke 77 di Luwu, Dorong Bangkitnya Koperasi dan UMKM Sulawesi Selatan

Sumber Foto: Kominfo Luwu

Kabardedikan.com, Luwu-Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura & Perkebunan Provinsi Sulawesi Selatan Imran Jausi mewakili Gubernur Sulawesi Selatan membuka secara resmi Koperasi dan UMKM (K-UMKM) Expo 2022, ia mengatakan event ini menjadi peluang emas bagi UMKM untuk mengembangkan usaha dan memperkenalkannya kepada masyarakat.

Even K-UMKM Expo 2022 ini di pusatkan di Lapangan Andi Djemma Belopa. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari peringatan Hari Koperasi Nasional ke-75 tahun 2022 Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Turut serta 24 kabupaten/kota ikut meramaikan dan berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Imran Jausi dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan Koperasi dan UMKM Expo 2022 , ia mengharapkan kegiatan ini dapat mendorong untuk bangkitnya koperasi dan UMKM di Sulawesi Selatan.

Dalam sambutannya juga mengungkapkan jika tahun ini secara berangsur, pemerintah Sulawesi Selatan melakukan recovery ekonomi sehingga perekonomian membaik.

“Koperasi dan UMKM sebagai motor ekonomi rakyat memiliki peran dan posisi strategi dalam mendorong perekonomian masyarakat,” katanya.

Oleh karena itu, berbagai permasalahan yang dihadapi oleh Koperasi dan UMKM harus menjadi prioritas kita semua untuk membangkitkan kembali Koperasi dan UMKM termasuk salah satunya melalui kegiatan ini,” ucap Imran.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Luwu, Rahimullah dalam laporannya mengatakan, tujuan dari even ini untuk mempromosikan produk unggulan beserta peluang bisnis dan investasi bagi Koperasi dan UMKM.

“Tujuan lainnya untuk meningkatkan rasa bangga masyarakat Indonesia terhadap produk lokal Indonesia,” aku Rahimullah.

Bupati Luwu Basmin Mattayang sendiri menyambut Pemerintah Daerah Se-Sulawesi Selatan dan keluarga besar Dewan Koperasi Indonesia Wilayah Sulawesi Selatan yang telah hadir.

“Atas nama pemerintah dan elemen masyarakat Kabupaten Luwu menyambut baik kedatangan pemerintah daerah dan keluarga besar Dekopin se Sulawesi selatan di bumi Sawerigading, Wanua Mappatua Na Ewai Alena,” kata H Basmin Mattayang dalam sambutannya.

Ia berharap agar Koperasi dan UMKM Expo 2022 memberikan manfaat besar sehingga perputaran ekonomi meningkat.

” Sebagai Langkah untuk mengantisipasi krisis ekonomi pasca pandemi Covid-19, ” harap Basmin.

Di tempat sama Wakil Ketua Dekopinwil Sulsel yang juga sebagai ketua KSPPS Bakti Huriyah Sulawesi Selatan Andi Amri mengharapkan melalui Harkopnas tahun 2022 ini koperasi makin berkembang, mandiri, berdaya dan semakin besar peranannya sebagai penopang kemandirian ekonomi daerah.

“Transformasi koperasi UMKM untuk pulih lebih kuat dan bangkit lebih cepat, sehingga kita berharap perkembangan Koperasi di Sulawesi selatan melakukan transformasi Koperasi dengan melakukan perubahan dan mengikuti perubahan lingkungan yang strategis memperkuat Koperasi untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Andi Amri.

Peserta Koperasi dan UMKM Expo 2022 berjumlah 311 stand terdiri Koperasi dan UMKM dari 24 kabupaten/kota.

22 stand kecamatan, sedangkan UMKM Lokal berjumlah 265 stand yang bergerak di bidang kuliner, sandang, otomotif, serta Pendidikan dan keterampilan.

Event yang mengangkat tema “Transformasi Koperasi UMKM untuk Pulih Lebih Kuat dan Bangkit Lebih Cepat ” ini direncanakan berlangsung mulai tanggal 10 – 12 Desember 2022.

Berbagai kegiatan dilaksanakan, seperti pameran UMKM, Temu Gerakan Koperasi Se Prov. Sul-Sel, Rakor Dinas yang membidangi Koperasi & Ukm Se Prov. Sul-Sel, Seminar Perkoperasian dan UMKM serta malam hiburan yang akan dimeriahkan oleh artis Ibukota.(MCLuwu/*)

Komentar