Tahun Depan, Dinas PUPR Luwu Terima Suntikan DAK Fisik 58 Miliar

Tim Desk DAK Luwu mengikuti Konsultasi Program Desk pembahasan Dokumen Teknis di Bandung selama empat hari, 7-8/11/2022.Sumber Foto: Anca(Dinas PUPR Luwu)

Kabardedikan.com, Bandung – Jika tidak ada aral melintang tahun depan Kabupaten Luwu melalui Dinas PUPR mendapatkan kucuran DAK Fisik Infrastuktur bidang Jalan sebesar Rp. 45 Miliar.

Anggaran tersebut dalam bentuk kegiatan fisik pengaspalan jalan yang terbagi dalam DAK Tematik untuk mendukung penguatan Kawasan Sentra Produksi Pangan sebanyak tiga ruas dan Non Tematik lima ruas.

Selain anggaran di atas, Dinas PUPR Luwu juga mendapatkan suntikan Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang Irigasi sebanyak Rp 13 M yang tersebar dalam enam kegiatan fisik.

Olehnya Kepala Dinas PUPR Luwu didampingi Sekretaris Dinas PUPR, Ir. Usdin Iskandar dan Kepala Bidang Jalan Ir. Yusuf Kaya mengikuti konsultasi program desk pembahasan pemantapan dokumen teknis di Fox Harris Hotel Kota Bandung selama empat hari, 7 – 10 November 2022.

Kadis PUPR Luwu dalam kesempatannya mengungkapkan, persiapan kegiatan konsultasi ini semua dokumen telah dirampungkan, ” Saat verifikasi, semua dokumen kita sudah memenuhi semua kriteria,” ucap Ikhsan yang memimpin langsung Tim Desk DAK Luwu ini.

Lebih lanjut Ikhsan menuturkan, tahun 2023 alokasi DAK infrastruktur Luwu khususnya di bidang jalan mengalami penurunan.

” Untuk DAK Jalan, 2023 kita cuma dapat Rp 45 M yang sebelumnya 65 M. Ada penurunan hingga 20 M dari tahun 2022,” ungkapnya.

Kendati demikian kabar baiknya, bidang Irigasi Kabupaten Luwu mendapat kenaikan anggaran lebih 50%.

“Kalau tahun 2022 ada 6 M alokasi DAK bidang Irigasi, Alhamdulillah tahun depan kita dapat 13 M,” tutupnya.(*)

Komentar