Petani Kecamatan Kamanre Uji Coba Pupuk Super Ge Lite, Bupati Apresiasi Hasilnya

Bupati Luwu Basmin Mattayyang hadiri panen perdana di Kecamatan Kamanre

KABARDEDIKAN.COM, Kamanre Luwu – Bupati Luwu Basmin Mattayyang hadiri panen perdana di Kecamatan Kamanre dengan menggunakan pupuk Ge-Lite. Basmin mengatakan hasil perdana ini cukup bagus, namun penamanan kedepan harus lebih baik lagi dengan menggunakan sistem lain seperti tanam pindah.

Sejumlah petani di Kecamatan Kamanre melakukan panen perdana dengan menggunakan Pupuk Super Ge Lite. Pupuk yang berasal dari Korea ini memiliki visi memajukan petani Indonesia.

Bupati Luwu mengapresiasi produk ini pasalnya menurut dia, petani Luwu mesti bersyukur lantaran masih ada teknologi memajukan pertanian hadiri di Luwu. Selain itu ia juga berpendapat mungkin dengan menggunakan sistem pindah tanam produksi jauh lebih meningkat.

Menurut pengalamannya Basmin menuturkan, sistem tanam pindah itu lebih bagus dan produktif dibandingkan sistem yang lain.

” Pengalaman saya hasil produksi tanam pindah dengan jauh lebih bagus, tetapi sistem tabela kalau menurut warga bagus silahkan tetapi saya rekomendasikan sistem pindah tanam” ucap Basmin.

Bupati Luwu mengungkapkan itu lantaran dirinya juga telah melakukan eksperimen mandiri di lokasi sawahnya. Sistem Pindah tanam cocok bagi sawahnya.

Dari hasil eksperimen itu ia menyimpulkan jika ingin tanamnya bagus ada tiga hal yang perlu diperhatikan; jarak tanam tidak boleh melebihi 25 cm, bibit tanaman 25 hari, dan pemeliharaan menggunakan pupuk sesuai kebutuhan tanah dan pengawasan.

” Terkait Panen perdana dengan pupuk ini belum maksimal, karena ketika penanaman Mister Go baru datang, kita maunya nanti mulai dari awal,” sambung Basmin.

Go Jae Hyung merupakan Direktur PT Goeng Mitra Indonesia, melalui wakilnya mengatakan jika pupuk ini sudah diuji coba di sejumlah daerah di pulau Jawa dan mampu memproduksi padi sampai 14 ton.

Olehnya Bupati Luwu mengharapkan keberhasilan petani di Pulau Jawa yang mampu menghasilkan padi sampai 14 ton, Basmin yakin Luwu juga bisa melakukan hal sama. Asal lanjut Basmin memperhatikan tiga hal yang telah disebutkan.

Dalam kegiatan itu dihadiri sejumlah petani, Ketua KTNA Luwu, Camat Kamanre, Para Kepala Desa Kamanre, Para Penyuluh Kecamatan, dan tim rombongan PT Goeng Mitra Indonesia.(R-j)

Komentar