PT Masmindo Gelar Sosialisasi Usaha Jasa Pertambangan, Buka Peluang Pelaku Usaha Lokal di Luwu

KABARDEDIKAN.COM, Belopa Luwu – PT Masmindo Dwi Area atau MDA menggelar sosialisasi Usaha Jasa Pertambangan di Cafe De Zoel Belopa, Rabu, 31 Agustus 2022. Kegiatan ini untuk memfasilitasi badan usaha jasa lokal agar mendapatkan pemahaman tentang bagaimana mendayagunakan potensi usaha di Luwu.

Lebih 30 pelaku usaha jasa lokal Luwu hadir dalam kegiatan itu, termasuk di dalamnya beberapa BUMDES desa sekitar perusahaan. Mereka menerima materi dari narasumber yang berkompeten di bidangnya masing-masing.

Sejumlah pameteri itu antara lain pejabat Sub Direktorat Minerba Kementerian ESDM Jakarta, Kepala Dinas Penamaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP ) Kabupaten Luwu dan Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian ( DKUP) Kabupaten Luwu.

Dalam kegiatan tersebut para pemateri menekan pentingnya spek legalitas atau perijinan suatu badan usaha. Karena perijinan tersebut menjadi syarat utama untuk menjaling kerja sama suatu Perusahaan.

Selain itu, yang tidak kalah pentingnya kepada peserta yang hadir ialah pemahaman bagaimana pelaku usaha semestinya dalam tata kelola yang baik untuk suatu lembaga usaha.

Para pameteri juga memberikan pemahaman bagaimana meningkatkan kapasitas usaha seperti menjalin kemitraan yang baik dengan para relasi, terutama memahami ketentuan standar yang berlaku dalam suatu badan usaha.

Kepala Teknik Tambang (KTT) PT Masmindo Dwi Area, Mustafa Ibrahim dalam kesempatannya mengungkapkan PT MDA mengadakan kegiatan ini untuk memfasilitasi badan usaha – jasa lokal Luwu untuk mendapatkan pemahaman tentang bagaimana mendayagunakan potensinya di sektor usaha masing-masing.

” Kita melaksanakan kegiatan ini agar para pelaku usaha lokal di Luwu mendapatkan pemahaman tentang suatu lembaga usaha. Terutama agar usaha jasa yang diimplementasikan sesuai dengan standar yang berlaku di lingkungan kerja tambang,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia katakan: “Masmindo berharap pelaku usaha jasa-lokal Luwu memiliki peran yang strategis dan sekaligus kompetitif dalam mendukung operasi tambang kedepan.”

Sekedar diketahui PT MDA saat ini tengah mempersiapkan diri untuk memasuki tahapan konstruksi. Setelah pembebasan lahan tuntas, sejumlah tahapan – tahapan konstruksi dan operasi produksi kedepan diproyeksikan akan lebih banyak lagi.

Sehingga mengalirkan sejumlah manfaat bagi warga masyarakat dan para pihak di sekitar perusahaan, termasuk potensi mengoptimalkan sejumlah usaha jasa pendukung pertambangan setempat.

Dalam acara sosialisasi yang dihadiri sejumlah elemen masyarakat itu dibuka Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Luwu. Dan turut disaksikan sejumlah pejabat Luwu yang juga hadir.

Beberapa tamu undangan juga tampak hadir diantaranya Inspektur Tambang Provinsi Sulawesi Selatan, Ketua DPRD Luwu, Kapolres Luwu, Pembina Aku mandiri Luwu, Camat Bajo Barat, dan Belopa.(Tim)

Komentar