Kepala Kementerian Agama Torut, Hadiri Pelantikan Kepala SMK Kristen 2 Rantepao

TORAJA, KABARDEDIKAN.COM – Yayasan Perguruan Kristen Toraja (YPKT) yang di ketuai Pdt Syukur Matasak telah menetapkan dan mengangkat Ludia Palimbong Kepala UPT SMK Kristen 2 Rantepao Kabupaten Toraja Utara Sulawesi Selatan.

Hal ini dimaksudkan, agar proses pendidikan di SMK Kristen 2 Rantepao tetap berjalan dengan baik. Proses pelantikan Kepala UPT SMK Kristen 2 Rantepao berlangsung di Aula Sekolah, Kamis, (16/6/2022).

Sementara Kepala Kementerian Agama Toraja Utara (Torut), Pretty Lqmban Gasong menyampaikan selamat kepada Ludia Palimbong yang telah dipercaya Yayasan Perguruan Kristen Toraja (YPKT) sebagai nahkoda baru di SMK Kristen 2 Rantepao, semoga kepercayaan dan amanah, dapat dijalankan dengan baik dan penuh tanggung jawab.

Lebih lanjut Pretty mengatakan bahwa, rotasi Kepala Sekolah pada satuan pendidikan merupakan hal penting demi terwujudnya kualitas dan mutu pendidikan yang lebih baik dimasa mendatang, bahwa penggantian atau rotasi kepala sekolah bukan hal yang luar biasa, namun merupakan hal yang mungkin dan kapan saja bisa terjadi sesuai kebutuhan lembaga.

Ini semua merupakan tujuan dan pada hakekat bagaimana menciptakan kualitas ‘output’ maupun ‘outcome’dari SMK Kristen 2 (YPKT), bagaimana bisa lebih baik siswa setelah tamat bisa terserap di dunia usaha, dunia industri maupun dunia kerja.

Kami juga mengapresiasi atas kerjasama yang selama ini dilakukan oleh SMK Kristen, dimana kepala sekolah yang selama ini telah melaksanakan tugas dan fungsinya sebagaimana mestinya, seperti melaksanakan apa yang menjadi instruksi dari Kementerian Agama, yang selanjutnya ditindaklanjuti satuan pendidikan bagaimana agar koordinasi dan sinkronisasi tetap berjalan dengan baik, karena kita tidak pernah membeda bedakan antara sekolah negeri dengan sekolah swasta,” sebut Pretty.

Tujuannya adalah, untuk memajukan pendidikan dan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Kita sadari bersama bahwa, dunia pendidikan adalah tiang utama dalam pembangunan SDM, yang kita harapkan pada masa akan datang dengan melahirkan generasi penerus yang unggul dan berkualitas demi terwujudnya cita-cita tersebut.

Perubahan paradigma penyelenggaraan satuan pendidikan sebagai akibat terjadinya transformasi nilai perubahan, tatanan kehidupan masyarakat, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, maka diperlukan kepala sekolah yang berkualitas pula dan berkinerja tinggi, memiliki wawasan pengetahuan yang luas dan mampu beradaptasi dengan perubahan, dinamis dalam pemikiran dan memiliki visi yang jauh kedepan dalam semangat inovatif.

Kepada Kepala Sekolah yang baru dilantik Ketua YPKT, tentu harus banyak belajar dari kepala sekolah sebelumnya, tentang apa saja yang perlu dibenahi dan ditingkatkan, dan saya perlu menyampaikan tanggung jawab saudara selaku pimpinan untuk meningkatkan profesionalitas guru di lingkungan kerja SMK Kristen ini.

” Karena seorang guru harus mampu menjalankan profesinya dengan baik, penuh dengan dedikasi dan tanggung jawab, mengingat profesi guru sangat dihargai oleh pemerintah dan masyarakat,” tambahnya.

Sementara Ketua YPKT Pdt Syukur Matasak, harus disadari bahwa, pendidikan yang kita laksanakan saat ini harus mampu mempersiapkan anak didik yang tidak saja menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, tetapi juga harus memiliki karakter
yang tangguh.

” Maka para pelaku pendidikan yang merupakan garda terdepan baik itu guru, kepala sekolah, tenaga kependidikan, pengawas, serta orang tua dan masyarakat harus bisa bekerja sama secara harmonis dengan menciptakan lingkungan pendidikan yang nyaman, agar semua proses belajar mengajar dapat berjalan sebagaimana yang diharapkan, guna menciptakan SDM peserta didik yang cerdas, kompetitif, terampil dan berkarateristik dengan berlandaskan nilai nilai karakter menuju profil pelajar Pancasila,” jelasnya.

Untuk diketahui, hadir dalam pelantikan tersebut yakni, Sekretaris YPKT Martinus Samben, Ketua Komte SMK Kristen 2 Rantepao Petrus Sulle dan Anton Gala Ketua Komite SMK Kristen Tagari, Ketua BPWS II Pdt Simon, Guru, Staf Pegawai SMK Kristen 2 Rantepao.(megasari)

Komentar