Micha S Pairunan Dilantik Kepala SMK Kristen Tagari Rantepao

TORAJA, KABARDEDIKAN.COM – Micha S Pairunan, ST, MM dilantik dan diambil sumpahnya sebagai Kepala SMK Kristen Tagari yang defenitif Kabupaten Toraja Utara (Torut) Sulawesi Selatan (Sulsel), Rabu (15/6/2022).

Dia dilantik Ketua Yayasan Perguruan Kristen Toraja (YPKT) Pdt Syukur Matasak, MT di Aula SMK Kristen Tagari Pengambilan sumpah jabatan dipimpin oleh sekretaris yayasan, Drs Martinus Samben, MM.

Proses pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Kepala UPT SMK Kristen Tagari Rantepao Torut.

Pdt Syukur Matasak dalam sambutannya mengatakan, SMK Kristen Tagari Rantepao diharapkan menjadi sekolah unggulan di Tana Toraja dan Toraja Utara. Diungkapkan Syukur, kini, ada pada zaman perubahan yang begitu cepat, diiringi dengan ketidakpastian dan kompleksitas tinggi.

Menurutnya, lihat saja tahun 2020, di saat baru mulai menyadari arus besar Revolusi Industri 4.0, tiba-tiba pandemi Coroba Virus datang secara tak terduga. Pandemi Corona Virus telah menjadi sumber ketidakpastian baru.

Dengan pandemi corona virus itu, tentu telah berdampak secara ekonomi, baik di tingkat lokal, nasional, maupun global. Artinya, semua negara berada dalam situasi yang sama, sehingga siapa yang paling responsif, maka dialah yang akan bertahan.

Namun demikian, pada umumnya setiap krisis akan menghasilkan lompatan – lompatan inovasi baru. Pertanyaannya, lompatan inovasi apa saja yang akan muncul pada saat krisis Corona Virus, sehingga menjadi loncatan tantangan baru bagi perubahan SMK Kristen Tagari.

“Ini akan menjadi PR Kepala sekolah yang dilantik dan diambil sumpahnya ini,” beber Ketua YPKT.

Sebagai ketua yayasan, dia tidak memberi cek kosong kepada kepala sekolah yang baru untuk memajukan pendidikan. “Sekolah harus memberi contoh dan teladan bahwa kita bisa bangkit dan menjadi sekolah unggulan,” ujarnya.

Sekolah ini, lanjutnya, harus jadi sekolah unggulan di dua Kabupaten di Toraja. Kiatnya adalah ada pada visi, strategi, dan eksekusi.

“Optimisme ini harus terus kita bangun. Optimisme adalah energi positif untuk membawa sekolah kita ke dalam gerbong kereta yang paling depan. Saatnya kita hilangkan energi negatif yang masih melekat pada diri kita. Kekompakan dan kebersamaan adalah modal penting untuk kemajuan,” terangnya.

Menurutnya, tak terbayangkan bila semua potensi yang ada di sekolah kita diperkuat dengan ‘Spirit Growth Mindset’ dan berorientasi ke ‘Future Practice’.

“Maka, sekolah kita akan kaya inovasi, dan ini akan menjadi sumber inspirasi untuk terus berinovasi lagi. Inovasi yang berkelanjutan ini adalah modal penting menjadi sekolah unggulan di Toraja yang hebat,” jelasnya.

Untuk diketahui hadir dalam pelantikan dan pengambilan sumpah Kepala UPT SMK Kristen Tagari, Micha S Pairunan yakni, Ketua Komite SMK Kristen Anton Gala, ST, MM, Wakil Ketua YPKT Drs Albertus Gallaran, MM, Ketua Umum BPSW II Rantepao Pdt Simon, S.Th, M.Ag serta para guru dan staf pegawai.(megasari)

Komentar