Lestarikan Tari Seni Kuliner dan Ekspo UMKM Budaya, Pemkab Gelar Festival Bumi Lamaranginang: Silahkan Mendaftar Ini Dibilang Kadis Kominfo Lutra

LUWU UTARA, KABARDEDIKAN.COM – Salah satu kegiatan yang dibuat pasca Idul Fitri di Kabupaten Luwu Utara yang dijuluki Bumi Lamaranginang yakni, Festival Bumi Lamaranginang 2022.

Guna melestarikan budaya di Tana Luwu
yang hampir punah karena pengaruh modernisasi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Utara (Lutra) Sulawesi Selatan (Sulsel) akan menggelar Festival Bumi Lamaranginang dengan lomba Tari Kreasi, Pesona Budaya Tana Luwu, Lomba Seni Kreasi, Lomba Kuliner Wisata Khas Luwu, dan Ekspo UMKM.

Kegiatan yang akan digelar dandipusatkan di cagar budaya underafdeling Masamba dan akan berlangsung mulai dari 20 sampai 22 Mei 2022, itu merupakan rangkaian dari HUT Luwu Utara.

Menurut Kepala Dinas KominfoSP Lutra, Arief Rasyid Palallo bahwa,” festival tersebut digagas oleh Dinas Pemuda Olahraga dan Parawisata (Disporapar),” sebutnya pada media ini via whatsapp Sabtu (7/5/2022).

Arief menambahkan bahwa, semua kegiatan dipusatkan di Cagar Budaya Onderafdeling Masamba, kecuali Fun Bike Lamaranginang mengambil titik start dijalur dua jalan Andi Jemma dan finish di wisata alam permandian air oanas pincara, dan panitia juga nantinya menyiapkan doorprize yang menarik.

Festival Bumi Lamaranginang untuk memperkenalkan kesenian dan melestarikan kebudayaan parawisata yang ada di Luwu Utara.” Budaya dan seni harus tetap terjaga, karena ini adalah warisan dari leluhur kita,” terang Arief panggilan akrab Kadis KominfoSP Luwu Utara.

Selain itu, tambah Arief, kegiatan itu juga sebagai suatu wahana bagi peserta untuk mengimplementasikan hasil kegiatan pembelajaraan seni dan budaya dalam meningkatkan daya kreatifitas bagi peserta, sehingga kedepan banyak bibit muda terampil dalam bidang seni dan budaya.

Dan juga tujuan dari Festival Bumi Lamaranginang tersebut yakni, untuk menggali dan mengembangkan seni dan budaya yang merupakan aset kebudayaan nasional untuk dikembangkan pada kecintaan generasi muda pada seni dan budaya daerah.

Untuk link pendaftaran silakan kunjungi tautan berikut ini:
https://bit.ly/lombataripesonalutra,
https://bit.ly/lombasenamkreasi2022,
https://bit.ly/lombakulinerwisata2022,
https://Bit.ly/UMKMexpo2022
https://bit.ly/funbikebumilamaranginang.(yustus)