Muharwan Gelorakan Makan Ikan Segar Jangan Yang Dibekukan, Cegah Stunting

KABARDEDIKAN.COM, LUWU UTARA – Kepala Dinas Perikanan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Luwu Utara (Lutra) Sulawesi Selatan (Sulsel), Muharwan, dalam rapat pembentukan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan), mengimbau supaya warga jangan selalu memakan ikan yang tidak segar dan sudah dibekukan selama beberapa hari.

Kadis Perikanan Ketahanan
Pangan, Muharwan menyatakan hal itu saat rapat pembentukan Forikan diruang rapat Dinas PKP menghadiri penyerahan bantuan dari Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP), Selasa 19 April 2022.

Budidaya ikan ini, jangan hanya dilihat saja, namun patut dicontoh oleh seluruh warga yang berada di Kabupaten Luwu Utara, agar dapat dinikmati hasilnya.

” Masyarakat yang berada jauh di wilayah pegunungan seperti Rampi, Sekp dan Rongkong, juga bisa menikmati ikan segar. Jangan selalu makan ikan yang sudah dibekukan dengan es selama beberapa hari dan tidak segar lagi,” sebut Muharwan.

Kadis Perikanan Ketahanan Pangan dalam rapat tersebut mengatakan bahwa, bantuan kepada nelayan dan petani tambak dan sawah di kembangkan terus serta bantuan usaha akan diberikan secara rutin, bila usaha itu berhasil.

Muharwan berharap kepada para nelayan, petani tambak dan sawah yang menerima bantuan, agar dipergunakan sebaiknya, a
supaya manfaatnya bisa dirasakan lebih lama.

“Karena ini uang dari rakyat, dan kembali ke rakyat, maka tolong dirawat baik-baik,” pesannya.

Tujuan dari pemberian bantuan bagaimana program pemerintah daerah untuk mengurangi angka kemiskinan dan untuk memberi kesehatan gizi masyarakat serta mengurangi angka stunting dalam mengkonsumsi ikan segar.

” Dan juga supaya ada peningkatan pendapatan bagi petani budi daya ikan air tawar yang bernilai ekonomis,” tambah Muharwan.

Perangkat Daerah yang terlibat dalam kepengurusan Forikan tersebut adalah, Dinas Kesehatan, Dinas Kominfo, Pendidikan, Pertanian, Sosial, DP2KUKM, DP3ADP2KP, Dispoparapar, Dinas Transnaker serta Tim Penggerak PKK kabupaten.

Hadir dalam rapat tersebut, Ketua TP PKK Kabupaten Ny. Rahmah Nursaid Mansur, Kadis Kominfo Arief Rasyid Palalallo, Sekretaris DP2KUKM Hasruddin, Sekretaris Transnaker Mansur serta para perwakilan masing-masing Perangkat Daerah Lutra.(yustus)