Audence Dengan Kapolres, Ini Dilakukan Vox Point Indonesia Luwu Timur

KABARDEDIKAN.COM, LUWU TIMUR – Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Vox Point Indonesia Kabupaten Luwu Timur (Lutim) Sulawesi Selatan (Sulsel), melakukan silaturahmi (audence) Kebangsaan ke Kapolres Luwu Timur di Malili.

Mereka pun diterima langsung Kapolres Luwu Timur AKBP Silvester Mangombo Marusaha Simamora, pada Selasa 15 Maret 2022.

“ Audence atau silaturahmi kebangsaan ini merupakan salah satu program yang sudah diagendakan sejak organisasi masyarakat (ormas) Vox Point Indonesia dan terdaftar di Badan Kesbangpol Luwu Timur pada 21 Februari 2021 lalu. Dan sudah dua kali melakukan audence/silaturahmi, pertama dengan Bupati Luwu Timur pada 17 Mei 2021 lalu, dan hari ini Selasa 15 Maret 2022,” sebut Ketua DPW Vox Point Indonesia Kabupaten Luwu Timur (Lutim), Linus Bua, Rabu 16 Maret 2022 pada media ini via whatsapp.

Ia mengatakan bahwa, momentum itu juga bertujuan untuk mensosialisasikan Vox Point Indonesia, karena anggota Vox Point Indonesia adalah orang awam dan pemuda-pemudi Katolik di Bumi Batara Guru julukan Kabupaten Luwu Timur.

“Kegiatan silaturahim atau audence ke Kapolres Luwu Timur untuk memperkenalkan Vox Point Indonesia kepada Kapolres Luwu Timur AKBP Silvester Mangombo Marusaha Simamora dan PJU,” tambahnya.

Vox Point Indonesia Luwu Timurmenyebut silaturahmi/audence Kebangsaan ini merupakan langkah tepat disaat Indonesia mengalami berbagai persoalan bangsa, terutama dalam pandemi corona dan menjelang pemilu 2024 kedepannya.

Padahal, sebut Ketua DPW Vox Point Indonesia Luwu Timur, Linus Bua, persoalan tersebut kadang hanya karena kurangnya komunikasi.

“Kami melihat situasi Kebangsaan kita nampaknya ada sesuatu dan itu karena kurangnya komunikasi di antara kita semua,” jelasnya.

Linus Bua menambahkan, ruang dialog antar sesama anak bangsa perlu diberi akses agar muncul persepsi positif yang dibangun atas kesadaran bersama melalui pertemuan dan dialog.

“Sharing dan silaturahmi membuat kita semakin dekat,” pungkas Ketua DPW Vox Point Indonesia Luwu Timur.

AKBP Silvester Mangombo Marusaha Simamora mengapresiasi Vox Point Indonesia yang melakukan silahturahmi atau audence dengan kami pihak Kepolisian.

“Kapolres mengharapkan DPW Vox Point Indonesia Luwu Timur dapat bersinergi dengan ormas yang ada di Bumi Batara Guru seperti Pemuda Muhammadiyah, Ansor dan lain-lainnya, dalam membantu Kepolisian untuk menjaga keamanan dalam masyarakat, demi terciptanya kerukunan dan kedamaian antar pemuda derta masyarakat dan minimal menjaga keamanan diri sendiri dan lingkungan,” pesannya.

Sekadar diketahui bahwa, Vox Point Indonesia Visinya adalah,” Terwujudnya eksistensi umat Katolik dibodang sosial politik Kemasyarakatan dan Kenegaraan, serta bersekutunya aktivis Katolik untuk mendukung dan mengembangkan nilai-nilai kebangsaan Negara Kesatuan Republik Indonesia menuju masyarakat yang damai, adil dan sejahtera berdasarkan empat nilai konsensus Dasar Negara Indonesia yaitu, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika.

Lanjut Ketua Wilayah Vox Point Indonesia Luwu Timur Linus Bua menambahkan bahwa, Vox Point Indonesia mempunyai Misi yakni, Memperjuangkan nilai kesetaraan umat Katolik dalam seluruh aspek kehidupan berbangsa dan bernegara dengan elemen lainnya.

Membangun kerjasama dan persaudaraan lintas Agama dan organisasi, lembaga dan denominasi bernegara.

“Dan juga Meningkatkan partisipasi umat Katolik dalam kehidupan sosial politik Kemasyarakatan dan Kenegaraan serta tampil menjadi garam dan terang ditengah masyarakat,” jelasnya, seraya menambahkan bahwa Vox Pount Indonesia berdiri tanggal 12 Maret 2016 di Jakarta dan hadir di Kabupaten Luwu Timur 14 Maret 2020.(megasari/yus)