Masyarakat Bergotong Royong Perbaiki Tanggul Jebol di Pombakka

KABARDEDIKAN.COM, LUWU UTARA – Masih ingat tanggul sungai Rongkong, di Dusun Welang Pellang Desa Pombakka Kecamatan Malangke Barat, Kabupaten Luwu Utara (Lutra) yang jebol dihantam banjir Februari 2022 baru ini.

Kata Kapolsek Malangke BaratCamat IPTU Abd Latif kepada wartawan media ini via whatsapp, Sabtu 12 Maret 2022 sore, warga gotong royong sudah mulai diperbaiki dengan cara bergotong royong dengan aoa adanya tanggul yang jebol itu.

“Puluhan warga masyarakat desa di Pombakka bersama personel polisi dan babinsa setempat bersama warga dalam memperbaiki tanggul jebol tersebut,” sebut Kapolsek didampingi Bhabinsa Bripka Syamsul Bahry, sebe.umnya menyerahkan solar dan sembakp kepada warga yang dampak tanggul jebol.

Dijelaskannya, keterlibatan semua unsur untuk memperbaiki tanggul hasil dari musyawarah mereka, beberapa hari lalu yang dipimpin Camat Malangke Barat.

“Mereka bergotong royong mulai mengumpul, mengangkat, dan menyusun batu-batu koral, tanah kedalam keranjang kawat untuk perbaikan tanggul itu,” tambahnya.

Soalnya kata dia, apabila tanggul jebol itu tidak segera diatasi dikhawatirkan air permukaan sungai Rongkong apabila naik akan langsung meluber membanjiri area pemukiman warga sekitar. Akibat tanggul jebol tersebut pemukiman warg, lahan pertanian dan perkebunan terendan juga.

“Kita berharap upaya sementara menunggu harapan adanya perbaikan permanen dari Pemerintah Kabupaten Luwu Utara, gotong royong dapat meminimalisir sekaligus mengantisipasi banjir,” jelasnya.

Sekedar mengingatkan jebolnya tanggul di Dusun Welang Pellang sudah hari ke 23 sejak jebolnya tanggul tersebut, dan sempat merendam pemukiman rumah penduduk yang berada di Desa Pombakka.(yustus)