Jalan Provinsi Diresmikan, Andi Sudirman Bantu Rp20 Milliar Kebutuhan Daerah

TORAJA, KABARDEDIKAN.COM – Andi Sudirman Sulaiman Plt Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) meresmikan paket proyek jalan provinsi di Toraja Utara (Torut), Minggu 19 Februari 2022.

Paket proyek yang diresmikan ruas Rantepao-Sa’dan-Batusitanduk (Kabupaten Luwu), ruas Rantepao-Alang Alang Batas Tana Toraja, ruas Tedong Bonga-Batas Kabupaten Luwu dan Kabupaten Toraja Utara.

Menurut Plt Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), pembangunan serta peningkatan kualitas sejumlah ruas jalan tersebut, diharapkan dapat memperlancar arus lalu lintas manusia dan barang.

Upaya peningkatan infrastruktur jalan, kata Andi Sudirman, terus dilakukan, seiring dengan meningkatnya alokasi anggaran sektor pekerjaan umum tiap tahun. “ Lima puluh persen anggaran pekerjaan digunakan untuk peningkatan jalan,” sebutnya.

Selain paket jalan di ruas Kabupaten yang berjuluk Bumi Pongtiku ini, kata dia, pemerintah juga tetap memerhatikan peningkatan ruas jalan di tiap Kabupaten/Kota di Sulawesi Selatan.

Jalur di Toraja Utara dan Tana Toraja, lanjut dia, dilalui ratusan kendaraan tiap hari. Ia menuturkan bahwa kedua Kabupaten di Toraja adalah daerah wisata yang dikenal di manca negara, maka wajar perhatian pemerintah cukup besar. Dua Kabupaten ini yakni,” Tana Toraja dan Toraja Utara bantuan terbesar diseluruh daerah di Sulsel adalah Rp422 Milyar,” terangnya.

Sementara itu, Bupati Toraja Utara Yohanis Bassang menyampaikan terima kasih atas perhatian pemerintah terhadap pembangunan infrastruktur, khususnya jalan, di Bumi Pongtiku serta bantuan kebutuhan daerah Rp20 Milyar.

Sekadar diketahui hadir dalam peresmian jalan tersebut Forkopimda Provinsi Sulsel, Toraja Utara dan Tana Toraja, Dandim 1414 Tana Toraja Letkol Inf Amril Hairuman Tehupelasury, Kapolres Toraja Utara AKBP Eko Suroso, Ketua DPRD Torut Nober Rante Siama, anggota DPRD Provinsi Dan Pongtasik serta Jufri Sambara’, Kepala OPD, Asisten dan staf Bupati serta stakeholder dilingkungan dua Kabuoaten di Toraja.(nelsi/megasari)