Budiman Ambil Sumpahnya 61 Kepala Desa Terpilih di Luwu Timur

 

LUWU TIMUR, KABARDEDIKAN.COM – Bupati Luwu Timur, Budiman mengambil sumpah dan melantik kepala desa hasil pemilihan kepala desa serentak tahun 2021 yang diikuti 61 desa dari 11 kecamatan di Bumi Batara Guru julukan Kabupaten Luwu Timur, bertempat di Gedung Olah Raga (GOR) Puncak Malili, Kamis 18 November 2021.

Turut Hadir, Kejari Luwu Timur, Wakapolres, Perwira Penghubung, Anggota DPRD, Sekretaris Daerah, Ketua TP PKK, Para OPD, 11 Camat se Kabupaten Luwu Timur dan Kepala Desa terpilih serta Ketua TP PKK Desa.

Dalam sambutannya Bupati Luwu Timur menyampaikan bahwa, pelantikan adalah bukan hasil akhir dari sebuah perjuangan, melainkan titik awal sebuah perjuangan mengemban amanah jabatan yang telah saudara raih.

“Hendaknya, perjuangan ini saudara-saudara mengingat bahwa, tugas dan tanggungjawab kalian sebagai Kepala Desa dimasa-masa mendatang akan semakin berat, karena program 1 milliar 1 Desa yang merupakan hibah keuangan kepada Pemerintah Desa, diluar Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) dari pemerintah pusat,” sebut Bupati Luwu Timur (Lutim).

Budiman mengharapkan, supaya nantinya Dana Desa digunakan tentunya dengan perencanaan yang matang untuk pembangunan desa sehingga bermanfaat untuk masyarakat.

” Dengan bantuan hibah keuangan satu milyar satu desa, maka kebutuhan masyarakat infrastruktur seperti jalan tani maupun program pemberdayaan lainnya, tentu akan lebih mudah didapatkan karena semua sudah bisa dibantu pemerintah desa,” ujar Budiman Bupati Lutim.

Begitu beratnya tugas memimpin masyarakat. “Pada saudara-saudara sekalian melekat tanggung jawab dan amanah besar yang mesti ditunaikan. Oleh karena itu saudara layak diperlakukan dengan mulia, terhormat dan istimewa melalui momentum pelantikan ini,” tambah Budiman.

Bupati Lutim meminta Kepala Desa yang baru diambil sumpahnya dan dilantik, dapat menciptakan suasana yang harmonis dengan perangkat desa BPD, dan tokoh-tokoh masyarakat, adat, agama, pemuda serta lembaga lainnya.

Budiman menambahkan bahwa, para Istri yang hari ini juga dilantik sebagai Ketua Tim Penggerak PKK untuk mendampingi suami dalam tugas, juga memiliki peran dan tanggungjawab yang cukup penting.

“Bahwa secara substantif PKK adalah media untuk melakukan pembinaan dan pemberdayaan kemasyarakatan terutama kaum ibu dan anak-anak di Desa. Tentu diharapkan kedepan melalui wadah ini dapat meningkatkan kreasi dan bernilai positif bagi masyarakat,” demikian kata Budiman

Diakhir Sambutan Bupati Luwu Timur berpesan bahwa, ditangan bapak ibu-lah harapan masyarakat Desa digenggam. Maka manfaatkanlah kesempatan ini untuk melakukan karya terbaik yang bisa menghadirkan manfaat bagi kemaslahatan masyarakat.

” Dan kedepan, saya juga akan memboyong para OPD bersama-sama menginap di Kecamatan tiga hari. Ini kami lakukan guna memberi pelayanan terhadap masyarakat, untuk melakukan pembahasan rencana pembangunan tahun 2022 kedepan,” pungkasnya.(yul/yustus)