Bersama Warga, Mahasiswa KKN UNCOK Bersihkan Sampah Plastik Mengendap di Pengairan Padang Sappa

Luwu,Kabardedikan.com | Padang Sappa- 56 Mahasiswa KKN Tematik Universitas Cokrominoto (Uncok) Palopo gelar jumat bersih, sapu bersih sampah di salah satu pengairan jalan tomale, Kelurahan Padang Subur, Kecamatan Ponrang. Bersama masyarakat dan pemerintah setempat, Mahasiswa ini berjibaku mengotong sampah di bawah pengairan dan menaikan di atas untuk dibakar.

Koordinator Kecamatan (Korcam) KKN ini mengatakan, kami bersama pemerintah turun ke lapangan bersama sama sapu bersih sampah terutama plastik. “Ini salah satu program kerja, kami ingin menciptakan masyarakat yang bersih dan ASRI di kecamatan ponrang dan sekitarnya,” kata Nur Asira Korcam KKN Uncok disela selanya membersihkan sampah bersama temannya, Jumat, 26/02/2021.

Mahasiswi semester 8 ini juga mengatakan kegiatan ini kami lakukan agar bisa menjadi contoh pada masyarakat sekitar. Ia juga perhatin melihat keadaan sampah yang mengendap di pengairan itu, banyak sampah plastik tapi yang tak terurus, ungkap Nur Asira.

“Sampah ini akhirnya kami putuskan dibakar saja karena tidak ada truk untuk membawanya ke TPA, semoga ini menjadi contoh baik kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembrangan,” harap Korcam KKN Tematik Uncok itu.

Dikesempatan sama warga yang ikut membersihkan sampah tersebut mengatakan sampah di pengairan itu merupakan sampah kiriman. Terus tersumbat dan tinggal disitu berhari-hari. Masyarakat disekitar tersebut yang selalu iniasiatif untuk melakukan pembersihan. Ia berharap segera ada Tempat Pembuang Akhir (TPA) di Kecamatan Ponrang, meskipun saat ini ada wacana Tempat Pembuang Sementara (TPS) di lokasi tersebut.(jayanto)