Bawaslu Luwu Tingkatkan Kualitas Pengelolaan Kearsipan dan Kehumasan Panwas Kecamatan

Kabardedikan.com, Luwu – Bawaslu Luwu latih staf divisi SDM dan Humas Pangawas Pemilu Umum Kecamatan (Panwaslu Kecamatan) tentang tata naskah dan kearsipan serta kehumasan di salah satu hotel di Belopa, Selasa, 22 Oktober 2024.

Tujuan pelatihan ini untuk memberikan  pemahaman pentingnya pengelolaan dokumen serta membangun komunikasi dan publikasi yang efektif dalam mendukung tugas pengawasan.

Irpan Ketua Bawaslu Luwu menyampaikan bahwa dengan memahami cara mengelola dokumen secara sistematis, jajaran pengawas dapat menyimpan informasi penting dengan baik dan rapi.

“Ini membantu dalam proses pelaporan berjenjang dan juga memudahkan dalam mencari data yang dibutuhkan ketika ada permasalahan yang terjadi di Kecamatan pada saat proses Pemilihan Kepala Daerah,” kata Irpan dalam sambutannya.

Sedangkan dalam kehumasan, ia menekan pentingnya membangun komunikasi yang baik antara jajaran pengawas dan masyarakat. Sebab kata dia, informasi yang terbuka dan transparan sangat diharapkan masyarakat.

“Peran jajaran Bawaslu dalam mengawasi jalannya tahapan pemilihan dan masyarakat juga dapat berperan aktif membantu dalam menciptakan pemilihan yang adil dan berkualitas,” katanya.

“Karena kehumasan di tingkat Pangawas Kecamatan itu menjadi perpanjangan tangan kami di Bawaslu Kabupaten,” tambah Irpan.

Ia berharap kehumasan Panwascam senantiasa memberikan informasi yang edukatif dan inovatif dalam membuat konten yang disampaikan secara luas, sehingga dapat diterima dan dipercaya masyarakat.

Ia juga meminta staf divisi SDM dan pengelola Kehumasan Panwas Kecamatan ini tidak hanya mampu menjalankan tugasnya, tetapi juga dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga pengawas Pemilu. (*)

Komentar