Pemkab Luwu Upayakan BPJS Gratis Tahun Ini

Kabardedikan.com, Luwu – Kepala Dinas Kesehatan Luwu dr Rosnawari mengungkapkan, anggaran Peserta Bantuan Iuran (PBI) APBD BPJS kesehatan Luwu tahun ini bisa mencapai UHC non cut off. UHC non cut off adalah kepesertaan BPJS aktif mencapai di atas 95 persen.

Program itu biasa disebut BPJS Gratis. Di mana masyarakat daftar BPJS hari ini, bisa langsung aktif hari itu juga. Program ini sangat dirindukan masyarakat Luwu, sebab keluhan BPJS tiba-tiba tidak aktif, menunggu antrian kerap terjadi. Sehingga program ini sangat dibutuhkan.

“Terkait anggaran PBI APBD BPJS kesehatan Kabupaten luwu Insyaallah tahun ini Luwu bisa mencapai UHC non cutt off,” kata Rosnawari saat dikonfirmasi, Rabu, 11 September 2024.

Ia mengatakan program ini sebagai wujud komitmen Pemerintah untuk memberikan jaminan pelayanan kesehatan kepada masyarakat secara maksimal dan menyeluruh.

  Tim 'Padi' Siap Menangkan Pata-Dhevy di Kecamatan Belopa dan Belopa Utara

Dirinya menambahkan bahwa pihaknya menyiapkan anggaran sebesar Rp 35 Miliar jika tidak ada perubahan teknis. Adapun data-data tengah dipersiapkan oleh Dinas Sosial dan Dukcapil Luwu untuk berkoordinasi dengan pihak BPJS.

Sementara itu, Kepala Cabang BPJS Luwu Nuryanti kepada Kabardedikan beberapa waktu lalu mengungkapkan, pemerintah Kabupaten Luwu diberbagai kesempatan berkomitmen agar masyarakat Luwu juga bisa menikmati BPJS gratis.

  Bawaslu Luwu akan Rekrut Ratusan PTPS untuk Pilkada 2024

Sehingga Pemerintah dan pihak BPJS mencari skema agar Luwu bisa mencapai UHC non cut. Meski Luwu kerap mendapatkan penghargaan UHC, namun itu bukan penghargaan UHC kepesertaan aktif di atas 95 persen.

Ia lebih lanjut menuturkan bahwa bahwa Luwu pernah mencapai predikat UHC non cut off  pada tahun 2017 hingga 2019, sesudah itu, program tidak dilanjutkan sebab Pemkab Luwu kekurangan anggaran.

  Luwu Masuk Kategori Rawan Tinggi dalam Pemilihan Serentak 2024, Bawaslu Luwu: Pentingnya Pemetaan

Terpisah, Muhammad Saleh mengatakan, sejak dirinya menjabat sebagai Penjabat Bupati Luwu, dirinya berkomitmen agar Luwu bisa mencapai UHC Non cut off, hal tersebut dilakukan sebagai bentuk pemenuhan layanan kesehatan gratis bagi masyarakat Luwu.

“Sejak saya masuk, saya mencanangkan Luwu UHC, itulah adalah (program) saya agar bagaimana semua masyarakat Luwu bisa berobat secara gratis,” tandasnya.

Sekedar diketahui bahwa kepesertaan aktif BPJS Kabupaten Luwu baik yang aktif dan tidak aktif mencapai lebih 95 persen, rinciannya 87 persen aktif, sisa masih belum aktif. (Jayanto)

Komentar