Jelang Pilkada, Polres Luwu Gelar Simulasi Pengamanan

Kabardedikan.com, Luwu – Polres Luwu menggelar latihan simulasi sistem pengamanan kota atau Sispamkota di jalur dua Belopa depan Polres Luwu, Senin, 29 Juli 2024. Simulasi ini, bentuk persiapan pengamanan personil Polres Luwu menghadapi Pilkada November 2024 nanti.

Setidaknya dalam simulasi tersebut ada 3 skenario yang dilatihkan yaitu simulasi pendaftaran bakal calon Bupati dan Bakal Calon Wakil Bupati Luwu di kantor KPU Kabupaten Luwu.

Kemudian simulasi pengamanan aksi unjuk rasa dari massa pendukung salah satu bakal calon Bupati yang kecewa calonnya tidak lolos verifikasi administrasi sehingga tidak bisa melanjutkan pencalonannya dan simulasi pemungutan suara di salah satu TPS wilayah Kabupaten Luwu.

Skenario terburuk dalam simulasi ini berupa terjadinya chaos dan anarkisme oleh massa pendukung salah satu bakal calon dan dilakukannya penegakan hukum oleh aparat kepolisian dari Polres Luwu.

Kapolres Luwu AKBP Arisandi menjelaskan bahwa gambaran ini merupakan gambaran situasi tiruan yang mungkin terjadi dan akan dihadapi dalam pelaksanaan pengamanan Pilkada serentak tahun 2024.

Diharapkan semua personil Polres Luwu sudah bisa memahami protap yang harus dilakukan secara tegas dan terukur berdasarkan undang-undang bila dikemudian hari terjadi terjadi kejadian serupa.

“Kita semua berharap kejadian yang tergambar pada latihan ini semoga tidak terjadi, saat ini masih ada waktu untuk kita terus melakukan upaya-upaya preemtif dan preventif. Namun demikian kita tidak boleh underestimate untuk tidak bersiap dengan segala kemungkinan buruk yang mungkin terjadi,” ujar Arisandi.

Dia juga menegaskan bahwa tidak akan membiarkan ada niat atau bahkan tindakan apapun yang berupaya menganggu apalagi menggagalkan terlaksananya Pilgub dan Pilkada di Kabupaten Luwu ini, ketegasan akan diambil oleh seluruh personilnya apabila ada yang mengganggu ketertiban umum dan mengancam keselamatan orang lain.

Turut hadir dalam simulasi sispamkota ini Komisioner Bawaslu Luwu Asriani, Komisioner KPU Luwu Suherman, Wakapolres Luwu Kompol La Makkanenneng para pejabat utama dan Kapolsek jajaran Polres Luwu. (*)

Komentar