Pemerintah Desa Tarramatekkeng Salurkan BLT DD Kepada 66 KPM

Kabardedikan.com, Tarramatekkeng – Pemerintah Desa Tarramatekkeng Kecamatan Ponrang Selatan Kabupaten Luwu melaksanakan kegiatan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Tahap I Tahun 2024.

Penyaluran BLT-DD tersebut dilaksanakan Kantor Desa Tarramatekkeng Selasa, (29/04/2024).

Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Pendamping Desa Iksan, SE, Muhammad Ikbal, Sekdes Rusli, A.Ma beserta Perangkatnya, Ketua BPD Rusli beserta Anggotanya, dan Keluarga Penerima Manfaat BLT-DD.

BLT DD tahun 2024, Setiap desa penerima manfaat anggaran dana desa diwajibkan mengalokasikan bantuan langsung tunai kepada masyarakat. Masyarakat yang dimaksud adalah mereka yang masuk dan ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat sesuai dengan hasil musyawarah desa.

Seperti Desa Tarramatekkeng, Kecamatan Ponrang Selatan Kabupaten Luwu Salah satu desa penerima anggaran dana desa ditahun 2024.

Desa Tarramatekkeng mengalokasikan anggaran bantuan langsung tunai dana desa atau sering disebut BLT dana desa tahun 2024 sebesar Rp237.600.000,- untuk 66 keluarga penerima manfaat BLT dana desa.

Jumlah tersebut sesuai dengan keputusan musyawarah desa bersama lembaga desa, yang telah melalui proses dan tahapan verifikasi sehingga yang ditetapkan sebagai KPM BLT dana desa adalah mereka warga yang sangat layak dibantu.

Rusli, A.Ma sekdes Desa Tarramatekkeng menuturkan menindak-lanjuti salah satu program kerja pemerintah desa melalui anggaran dana desa, maka pemerintah desa langsung merealisasikan penyaluran BLT dana desa kepada yang berhak menerima.

“Hari ini kita realisasikan penyaluran BLT-DD kepada sebanyak 66 KPM, penyaluran ini disalurkan atau diberikan kepada para KPM BLT-DD untuk 3 bulan pertama ditahun 2024,” kata Rusli

Lanjut Rusli, Setiap keluarga penerima manfaat menerima uang tunai sebesar Rp. 900.000,- yang merupakan kalkulasi dari 3 bulan dikalikan dengan Rp. 300.000. untuk bulan Januari, Pebruari dan Maret.

“pergunakan sesuai dengan kebutuhan keluarga, bukan sesuai dengan keinginan, karena tentunya kebutuhan dan keinginan itu berbeda.”ucap Rusli

Dalam kesempatan itu, Rusli juga mengingatkan kepada warga jangan lupa bayar pajak (PBB), karena pajak yang kita bayar untuk pembangunan, taat bayar berarti mendukung pembangunan termasuk bapak/ibu uang BLT yang diterima

Sementara itu, Ketua BPD Tarramatekkeng Rusli mengatakan bahwa bantuan ini merupakan wujud nyata kepedulian pemerintah kepada masyarakat Tarramatekkeng melalui anggaran dana desa, maka pemerintah desa mengalokasikan untuk BLT-DD.

Pihak pemerintah desa Tarramatekkeng, sebagaimana tertuang dalam APBDes juga akan melaksanakan berbagai kegiatan lainnya yang dibiayai melalui anggaran dana desa.

” Kegiatan-kegiatan tersebut seperti membiayai kegiatan pembangunan infrastruktur desa, pengelolaan ketahanan pangan desa, membiayai kegiatan posyandu dan PKK, serta kegiatan lainnya.’ungkap Rusli

Rusli juga mengajak masyarakat penerima BLT DD ini menggunakan bantuan semaksimal mungkin

“Semoga bantuan yang diberikan Pemeritah dapat membantu perekonomian masyarakat’harapnya

Pendamping desa Iksan, SE dalam sambutannya menjelaskan bahwa Bantuan Langsung Tunai atau biasa disingkat dengan BLT DD, adalah program Pemerintah yang awalnya untuk mengatasi dampak dari Corona dan saat ini telah dirubah oleh Pemerintah sebagai bantuan dalam bentuk pemberian uang tunai untuk masyarakat yang masuk dalam kategori kemiskinan extrem

Lanjut Iksan menjelaskan, bahwa masyarakat yang ditunjuk sebagai penerima bantuan ini adalah mereka yang telah diseleksi melalui Musyawarah Desa yang dihadiri oleh Tokoh Masyarakat dan Tokoh agama pada Desa yang bersangkutan.

“Masyarakat yang menjadi penerima BLT ini tidak serta merta langsung muncul namanya, tetapi harus melalui beberapa tahapan termasuk melaksanakan musyawarah desa yang dihadiri oleh seluruh Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama serta Pemerintah setempat.” ungkap iksan.(Darwis Dea)

Komentar