Dinas Perdagangan Luwu Gelar Pasar Murah: Jaga Stabilitas Harga Selama Ramadhan

Kabardedikan.com, Luwu – Dinas Perdagangan Luwu menggelar operasi pasar murah peduli rakyat di lapangan Andi Djemma Belopa, Rabu, 20 Maret 2024. Operasi pasar ini bertujuan menekan inflasi dan menjaga stabilitas harga bahan pokok di Luwu selama bulan suci ramadhan.

Ruslan Kepala Dinas Perdagangan Luwu mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya Pemkab Luwu mendistribusikan bahan pokok kepada warga dengan harga terjangkau.

Dalam pasar murah jelas Ruslan, Dinas Perdagangan Luwu menyediakan bahan pokok seperti, minyak goreng, gula, terigu, susu.

“Kami menyediakan 300 lebih paket. Satu paketnya terdiri dari Gula 2 kg, Minyak goreng 2 liter, Susu kaleng 2 kaleng, Terigu 1 kg, dijual dengan harga Rp.70 ribu/paket sedangkan harga normal dipasaran perpaketnya adalah Rp.107 ribu rupiah,” ungkap Ruslan.

“Harga perpaketnya telah disubsidi oleh pemerintah daerah. Ini juga sebagai salah satu upaya pemerintah mengatasi dan menekan laju inflasi di Kabupaten Luwu. Insya Allah akan kami laksanakan selama 3 kali, yakni di Kecamatan Belopa, Larompong dan Ponrang,” tambah Ruslan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Luwu Sulaiman, turut hadir dalam kegiatan itu menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Dinas Perdagangan yang melaksanakan kegiatan itu.

“Kegiatan ini pada prinsipnya agar masyarakat tidak terbebani dan dapat menjalankan ibadah puasa dibulan suci ramadhan dengan perasaan gembira karena kebutuhan bahan pokok bisa terpenuhi,” tuturnya.

Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Luwu kata Sulaiman, mengungkapkan bahwa terdapat beberapa harga bahan pokok meningkat selama bulan suci ramadhan. Sehingga Pemkab Luwu mengambil langkah konkrit untuk menekan laju inflasi salah satunya dengan Operasi Pasar murah Peduli rakyat.

“Alhamdulillah laju inflasi di Kabupaten Luwu masih terkendali, berada pada posisi 2,6 persen dan ini perlu kita jaga dengan mengadakan berbagai kegiatan pasar murah,” jelasnya.

Dirinya berharap, seluruh stakeholder terkait dapat terus bersinergi untuk mengatasi inflasi, menjaga stabilitas harga dan pasokan bahan pokok.

“Semoga kegiatan ini dapat kita laksanakan disetiap kecamatan sampai menjelang hari raya Idul Fitri sehingga dapat menjangkau semua masyarakat di Kabupaten Luwu,” pungkasnya. (*)

Komentar