Pemkab Lutra Serahkan Hibah Lahan untuk Pembangunan Kantor Unit Basarnas

Kabardedikan.com, Lutra — Pemerintah Kabupaten Luwu Utara menyerahkan hibah lahan kepada Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Sulawesi Selatan. Penyerahan lahan itu tertuang dalam Naskah Hibah dan diterima langsung Kepala Basarnas Sulawesi Selatan, Mexi Bekabe di Kantor Bupati Luwu Utara, Rabu, 22 Februari 2024.

Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani mengatakan, mendukung kehadiran Basarnas di Kabupaten Luwu Utara. Apalagi Luwu Utara kata dia, salah satu kabupaten rawan bencana.

“Ini salah satu bentuk komitmen kita, apalagi kabupaten kita (Luwu Utara) salah satu kabupaten rawan bencana di provinsi Sulawesi Selatan, meski telah ke luar dari top 5. Sekarang urutan ke 9,” jelas Indah.

Indah menuturkan, penyerahan hibah lahan seluas 3600 M2 di kawasan Terminal Pasar Sentral Masamba ini sebagai bentuk mitagasi bencana.

“Salah satu wujudnya adalah dengan menghibahkan lahan dengan maksud pembangunan kantor dan segala keperluan Basarnas di Luwu Utara,” tutur Indah.

Dirinya berharap, pembangunan kantor Basarnas itu di Luwu Utara tidak hanya berstatus unit, akan tetapi bisa naik Pos lalu menjadi Kantor Basarnas Luwu Utara.

“Tugas kita belum selesai, karena lahan itu harus disertifikatkan dan sekarang sementara pengurusan di BPN Luwu Utara. Harapan kita bisa cepat selesai. Sebab itu dasar Basarnas Sulawesi Selatan ke kantor pusat untuk pengusulan fisik,” tandas Indah.

Sementara itu Kepala Basarnas Sulawesi Selatan, Mexi Bekabe berharap segala pengurusan lahan ini bisa cepat selesai sehingga bisa dimasukkan dalam rencana kerja untuk tahun depan.

“Untuk pembangunan sementara kita usulkan yang menentukan adalah komisi 5 (DPR RI),” kata dia.

Akan tetapi dirinya berterima kasih kepada Pemerintah Daerah yang telah mendukung kehadiran kantor unit Basarnas di Luwu Utara.

“Ini menjadi point utama bagi Basarnas untuk mendukung pemerintah daerah kaitannya bencana,” pungkas Mexi. (Jayanto)

Komentar