Pj Bupati Luwu Muhammad Saleh Resmi Dilantik

Kababrdedikan.com, Luwu — Penjabat atau Pj Gubernur Sulawesi Selatan Bahtiar Baharuddin resmi melantik Pj Bupati Luwu Muhammad Saleh di Aula Tudang Sipulung Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Rabu, 21 Februari 2024. Selain Pj Bupati Luwu, Bantiar juga melantik Andi Bataralifu sebagai Pj Bupati Wajo.

Sebelum melakukan pengambilan sumpah, Bahtiar bertanya kepada kedua penjabat bupati tersebut, apakah bersedia mengucapkan sumpah?. “Bersedia,” jawab kedua penjabat Bupati itu dan disumpah menurut agama Islam.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya. Sebagai Penjabat Bupati Luwu, sebagai Penjabat Bupati Wajo dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Memegang teguh, UUD Negara 1945 tahun 1945. Dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat nusa dan bangsa,” kata Bahtiar saat mengambil sumpah diikuti kedua Penjabat Bupati itu.

Pelantikan itu berdasarkan surat keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) SK nomor 100.2.1.3-576 tahun 2024 dan Nomor 100.2.1.3-577 tahun 2024 tanggal 16 Februari 2024.

“Dengan mengucapkan syukur kehadirat tuhan yang maha esa atas rahmat dan taufiknya pada hari ini, Rabu 21 Februari 2024. Saya Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan atas nama Presiden Republik Indonesia dengan ini resmi melantik saudara Drs Muhammad Saleh sebagai penjabat Bupati Luwu. Saudara Drs Andi Batarilifu sebagai penjabat Bupati Wajo” ujarnya.

“Saya percaya bahwa saudara-saudara akan menjalani tugas sebaik-baiknya sesuai tanggung jawab yang diberikan,” sambung Bahtiar.

Kini Muhammad Saleh resmi menjadi Penjabat Bupati Luwu menggantikan Basmin Mattayang. Saleh di Pemerintah Provinsi menjabat sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa atau PMD Sulawesi Selatan. Muhammad Saleh merupakan birokrat dari Kabupaten Bone.

Muhammad Saleh telah menjalani karir di pemerintahan Kabupaten Bone kurang lebih 25 tahun. Karir Saleh dimulai dari tingkat kecamatan menjabat sebagai Sekretaris Camat Kahu dan Kajuara,

Pejabat 54 tahun ini di Pemerintahan Kabupaten Bone pernah memegang sejumlah jabatan strategis seperti
Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Sosial, Kabag Umum, dan Kabag Keuangan dan Perlengkapan di Setda Bone.

Pria kelahiran 17 Juli 1969 ini juga memiliki pengalaman sebagai Asisten Bidang Administrasi dan memegang peran penting sebagai Kepala Badan Kesatuan Bangsa, Politik, dan Linmas di Pemerintah Bone.

Di Pemerintah Provinsi Sulsel, ia dipercaya Gubernur Sulsel Andi Sudirman mengemban tugas sebagai Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Sulawesi Selatan. (Jayanto)

Komentar