Pemerintah Kecamatan Bupon Gelar Rakor Forkopimcam, Bahas Sinergitas Hadapi Pemilu

Kabardedikan.com, Luwu — Pemerintah Kecamatan Bupon menggelar rapat koordinasi (Rakor) Forum Pimpinan Kecamatan atau Forkopimcam 2024 di Aula Kecamatan Bupon, Selasa, 6 Februari 2024. Forkopimcam di Bupon ini baru terbentuk pada tahun 2024 sebagaimana arahan Penjabat Gubernur dan Bupati Luwu, terlebih Forkopimcam diatur dalam regulasi pemerintah nomor 12 tahun 2022.

Camat Bupon Gunawar Paesmo mengatakan, Forkopimcam adalah wadah yang berfungsi membahas tentang urusan pemerintahan umum salah satunya penanganan konflik sosial atau politik, apalagi kata dia tahun 2024 ini adalah tahun politik.

“Dalam rapat koordinasi ini, bagaimana ke depan kita menyikapi ada aksi konkret. Sehingga melalui rapat ini kita membahas potensi-potensi apa yang bisa melahirkan konflik (Pemilu 2024), sehingga kita sigap melakukan pencegah dini,” ujarnya.

Apalagi jelas dia, di Kecamatan Bupon memiliki wajib pilih 11.889 dengan sebaran 58 TPS. Olehnya itu, dirinya berharap melalui rapat koordinasi ini, Kecamatan Bupon bisa aman dan kondusif saat Pemilu 2024 nanti.

“Jadi di situ ada potensi-potensi yang harus kita sikapi dengan bijaksana. Sebisa mungkin para penyelenggara tetap profesional dan menjaga integritasnya dalam bekerja,” jelasnya. Sebab lanjutnya, jika para penyelenggara tidak profesional dalam bekerja maka akan melahirkan konflik sosial.

Dirinya meminta para penyelenggara, pemangku kepentingan pengambilan kebijakan Camat, Kapolsek, Kepala Desa, Kepala Dusun, Babinsa, Hamsip, PPK, PPS, kata dia tetap bersinergis menjaga kondusivitas pada Pemilu di Kecamatan Bupon sesuai regulasi.

“ASN, Kepala Desa, Kepala Dusun, Linmas, TNI dan Polri tetap menjaga netralitasnya. Apalagi telah diatur dalam undang-undang,” imbuh Gunawar.

Sementara itu Danpos Bua Ponrang Serka Rante mewakili Koramil Padang Sappa 1403-04/Padang sappa mengapresiasi sinergitas yang masih terjaga di Kecamatan Bupon, sehingga kata dia, sinergitas ini perlu tetap terjaga hingga menghadapi Pemilu 2024.

“Harapan kita dalam rapat ini kita bisa mendeteksi sehingga ada antisipasi yang akan kita lakukan jika ada potensi konflik (Pemilu) nanti. Lebih baik mencegah sebelum terjadi,” ujarnya.

Sejurus itu Kapolsek Bupon Ipda Yakobus Rimpung meminta agar semua pihak bisa bekerja sama, sebab pihaknya tidak bisa bekerja maksimal tanpa dukungan semua pemangku kepentingan di Kecamatan Bupon.

“Saya berharap semua pihak, Kepala Desa bisa mengedukasi masyarakat kita, agar tetap menjaga situasi keamanan dalam Pemilu nanti,” katanya.

“Mari kita bersama bersinergitas, bahu-membahu pada Pemilu 2024 ini, sehingga keamanan dan ketertiban wilayah Kecamatan Bupon tetap terjaga,” pungkasnya.

Kegiatan Rakor yang mengangkat tema “Membangun Sinergitas dalam Memelihara Keamanan dan Ketertiban Masyarakat, Demi Terwujudnya Pemilu 2024 yang Aman, Damai, Jujur dan Demokratis” ini dihadiri sejumlah kontestan Politik, penyelenggara Pemilu, para Kepala Desa, Personil Polsek Bupon dan Personil Koramil Padang Sappa 1403-04/Padang sappa. (Basnawir).

Komentar