Pemdes Pompengan Tengah Realisasikan Program Lampu Jalan di dua Dusun, Warga Apresiasi

Kabardedikan.com, Luwu —Sejatinya asas pembangunan ialah menyentuh langsung kepada masyarakat sebab melibatkan berbagai aspek yang berkaitan dengan keperluan, kepentingan, dan kesejahteraan masyarakat itu sendiri.

Begitu juga di setiap desa. Tujuan pembangunan melalui anggaran desa untuk kepentingan masyarakat desa. Sehingga, melalui program desa setiap tahunnya dari sumber anggaran desa betul-betul dirasakan manfaatnya.

Demikian juga Pemerintah Desa Pompengan Tengah, Kecamatan Lamasi Timur, Kabupaten Luwu. Melalui anggaran desa, Pemerintah Desa berhasil menyelesaikan program lampu penerangan jalan desa di dua dusun yakni Dusun Kala-Kala dan Dusun Kala-Kala Selatan.

Adanya program ini tentu membawa dampak bagi masyarakat di dua dusun itu secara khusus dan masyarakat desa secara umum. Program lampu penerangan ini sangat bermanfaat ketika di malam hari, selain menerangi jalan, juga mencegah terjadinya kriminalitas.

Kepala Desa Pompengan Tengah Nusri mengatakan, dua dusun ini Pemerintah Desa berhasil memasang lampu jalan sebanyak 84 unit. Rencananya tahun depan Pemerintah Desa kembali merencanakan program yang sama sehingga setiap dusun terpasang unit lampu.

Warga dan Kepala Dusun bekerja sama memasang tiang Lampu di setiap rumah-rumah warga di dusun Kala-Kala dan Kala-Kala selatan

“Ada dua dusun lagi yang belum kami pasangi lampu yaitu, dusun samarenda dan samarenda Utara. Mudah-mudahan tahun depan kita anggarkan lagi,” jelasnya.

Dirinya berharap penerangan lampu di setiap jalan masyarakat ketika berjalan kaki sudah tidak memakai senter lagi dan juga masyarakat dapat bersantai di depan rumah masing-masing.

Sementara itu salah satu warga Desa Pompengan Tengah ini mengapresiasi program desa tersebut. Selama ini kata dia, jika malam hari desa Pompengan Tengah terasa sunyi — gelap. Dengan adanya program ini, desa terasa berubah ketika malam hari.

“Jadi kita sekarang sudah tidak takut lagi jalan atau keluar rumah malam hari karena sudah terang. Kampung juga sudah tidak terkesan sunyi lagi di malam hari,” ucap warga dusun Kala-Kala. (Herman)

Komentar