Pelajar di Luwu Deklarasikan Pemilu Damai Putih Abu-Abu

Kabardedikan.com, Luwu — Puluhan siswa SMA, SMK dan Madrasah Aliyah di Kabupaten Luwu mendeklarasikan Pemilu damai 2024 di aula Mapolres Luwu, Jumat, 2 Februari 2024. Para siswa ini memiliki peran penting sebab telah memasuki usia sebagai pemilih pemula dalam helatan pemilu 2024 tahun ini.

Kapolres Luwu AKBP Arisandi hadir dalam kegiatan itu sekaligus membawa materi menyampaikan peran penting seorang siswa sebagai pemilih pemula dalam Pemilu 2024 ini.

Partisipasi mereka juga sangat dibutuhkan dalam bersama-sama menjaga situasi kamtibmas jelang Pemilu seperti antisipasi terkait hoax, pornografi, cyber bullying dan cyber terorism.

“Adek-adek ini adalah Gen Z yang berarti generasi sosial pertama yang tumbuh dengan akses internet dan teknologi digital portable sejak usia muda,” tutur Arisandi.

“Ancaman yang akan dihadapi tidak hanya datang dari dunia nyata melainkan juga dari dunia maya. Modus pelakunya juga banyak yang bersembunyi dibalik anonimitas online, tanpa tatap muka dan kontak fisik,” sambungannya.

Sementara itu, Ketua KPU Luwu Abdullah Sappe Ampin Maja menerangkan bahwa siswa-siswi yang sudah genap berusia 17 tahun memiliki hak untuk menyalurkan suaranya pada helatan Pemilu tahun ini.

“Silahkan adek-adek datang di TPS yang mulai dibuka pukul 07.00 hingga pukul 13.00 dengan membawa persyaratan yang telah ditentukan, misalnya KTP elektronik atau surat keterangan perekaman e-KTP bagi yang belum memiliki KTP,” ujar Abdullah Sappe.

Kegiatan yang berbentuk dialog interaktif para peserta antuasias bertanya ihwal peran mereka dalam Pemilu. 2 orang siswa berhasil mendapatkan hadiah buku dari Kapolres Luwu karena berhasil menjawab pertanyaan.

Buku itu berjudul “Ancaman Sekitar Kita Di Era Digital”. Harapannya mampu menjadi bahan bacaan siswa untuk membentengi diri dari pengaruh negatif internet.

Turut hadir sebagai narasumber yaitu Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Luwu Kamal, Pabung Luwu Kodim 1403 Mayor Kav. Suparman, Ketua KPU Kab. Luwu Abdullah Sappe, Ketua Bawaslu Luwu Irpan dan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XI Provinsi Sulsel Asdar. (*)

Komentar