92 Kelompok Tani di Lutra Terima Bantuan Alsintan

Kabardedikan.com, Lutra — 92 Kelompok Tani atau Poktan di Kabupaten Luwu Utara menerima bantuan alat mesin pertanian atau Alsintan tahun anggaran 2023, Senin, 15 Januari 2023. Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani mengatakan, bantuan tersebut bentuk apresiasi, sebab sektor pertanian menyumbang PDRB sebesar 49,97 persen.

Bupati Indah menyerahkan secara simbolis bantuan itu di Kantor Bupati. Dirinya mengharapkan, bantuan tersebut dapat menurunkan biaya produksi sekaligus alat pendukung pertumbuhan ekonomi subsisten serta mengurangi kerusakan produksi pertanian dan menjamin kenaikan kualitas dan kuantitas produksi.

“Penyerahan ini patut kita syukuri, sebab di tengah keterbatasan anggaran, sektor pertanian tetap mendapat perhatian. Bahkan penyerahan kali ini tercatat sebagai penyerahan terbangak yang pernah kita lakukan,” kata Indah.

Indah juga mengungkapkan, penyerahan bantuan itu melalui proses yang panjang, olehnya itu, dirinya berharap bantuan tersebut bisa dimanfaatkan sebagai-baiknya dan dirawat.

“Tidak mudah untuk sampai ke tahap ini bapak-ibu sekalian, butuh perjuangan sampai akhirnya kita bisa serahkan ratusan bantuan ini. Ini kita lakukan sebagai bentuk apresiasi dan terima kasih. Tidak hanya itu, nilai tukar petani bahkan meningkat,” kata Indah.

Sementara itu, Pelaksan tugas atau Plt Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Luwu Utara Andi Zulkarnain mengungkapkan, Alsintan yang diserahkan sebanyak 526 unit meliputi: Chainsaw sebanyak 5 unit, Corn Sheller 1 unit, Combine Harvester 7 unit, Cultivator 4 unit, Hand Sprayer 377 unit, Hand Traktor (TR2) 54 unit, Mesin Pembabat Rumput 34 unit, Mesin Pencacah Rumput/APPO 3 unit, Pompa Air 12 unit, Power Sprayer 23 unit, Power Threaser 5 unit serta Rice Milling Unit (RMU) 1 unit.

“Bantuan yang bersumber dari APBD ini juga diserahkan kepada 12 Koordinator BPP termasuk 66 penyuluh dari Poktan penerima Alsintan,” jelasnya.

Penyerahan secara simbolis berlangsung turut disaksikan Ketua DPRD Kabupaten Luwu Utara, Unsur Forkopimda, Kepala BPKAD, Plt . Kepala Dinas Pertanian dan sejumlah Pimpinan PD. (*)

Komentar