Pemerintah Lutim Berencana Menambah Anggaran Pertanian Dan Perikanan Tahun 2024

Kabardedikan.com, Lutim — Bupati Luwu Timur Budiman mengungkapkan, akan menambah anggaran sektor pertanian dan perikanan pada tahun 2024. Sebab menurutnya, 80 persen warga Luwu Timur berprofesi di sektor pertanian dan perikanan.

“Sekitar 80% masyarakat Luwu Timur berprofesi di sektor pertanian, olehnya itu, pemerintah daerah telah merencanakan akan menambah anggaran tahun 2024 di sektor tersebut,” ucap Budiman di acara panen raya di Desa Margolembo, Sabtu, 12 Desember 2023.

Budiman menjelaskan, alasan penambahan anggaran itu sebagai stimulan yang dilakukan secara bertahap. Tujuannya untuk meningkatkan potensi pertanian dan perikanan yang bermanfaat bagi masyarakat luas.

Lebih jauh, Budiman juga menegaskan akan menindaklanjuti aset-aset pertanian yang selama ini mangkrak dan tidak produktif.

“Selain perbaikan aset, juga akan diberikan sosialisasi dan pelatihan SDM terkait manajemen pengelolaan aset kekayaan mulai dari tingkat desa hingga tingkat pemerintah daerah,” jelas Budiman.

Hal tersebut bertujuan agar aset-aset yang berasal dari pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten dapat dikelola dan berkembang serta bertumbuh berlipat ganda hasil produksinya.

Dirinya menerangkan aset aset itu perlu diinventarisir keberadaannya dan dibuatkan program untuk produksi serta perawatan secara berkala oleh SDM lokal yang berpengalaman. memanfaatkan aset-aset yang tersisa kata dia agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. (*)

Komentar