Puncak HKN di Luwu, Bupati Serahkan Penghargaan Swasti Saba Wistara

Kabardedikan.com, Luwu – Ada yang spesial pada puncak Hari Kesehatan Nasional ke – 59 di Luwu yang dilaksanakan di lapangan Andi Djemma, Minggu, 3 Desember 2023. Pada puncak HKN ini, Luwu kembali memeraih penghargaan tertinggi di bidang kesehatan yaitu Swasti Saba Wistara.

Bupati Luwu Basmin Mattayang menyerahkan penghargaan itu kepada Ketua Forum Kesehatan Luwu Hayarna Hakim setelah menerima penghargaan tersebut di Jakarta belum lama ini.

Pada kesempatanya, Bupati Luwu mengungkapkan jika kesehatan maupun pendidikan merupakan kebutuhan dasar manusia. Sehingga kata dia, peningkatan dua sektor ini mutlak dilakukan.

“Jika ingin melakukan transformasi, maka perlu ada evaluasi. Perlu ada introspeksi diri agar kita bisa memahami hal-hal apa saja yang perlu dipertahankan dan ditingkatkan,” ujar Basmin.

“Saudara adalah ujung tombak pembangunan kesehatan yang dapat mengangkat harkat dan martabat Kabupaten Luwu,” pesan Basmin kepada para Nakes.

Dirinya juga berpesan agar adanya peningkatan kualitas tenaga kesehatan dengan menerapkan 3T yaitu yertib personal, administrasi dan lingkungan.

“Jangan hanya administrasi yang ditertibkan, tetapi lingkungan sekitar juga harus diperhatikan, terutama kebersihan kantor, penataan parkir kendaraan pegawai dan cara menyambut pasien dengan tata krama, sopan, humanis dan penuh senyum,” ucap Bupati Luwu.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Luwu dr Rosnawary Basir mengungkapkan, Kementerian Kesehatan RI saat ini sedang melakukan transformasi sistem kesehatan yang fokus pada enam pilar untuk mewujudkan masyarakat yang sehat, mandiri, produktif dan berkeadilan.

“Enam pilar itu yakni, pilar transformasi layanan primer, layanan referensi, sistem ketahanan kesehatan, pembiayaan kesehatan, SDM kesehatan dan transformasi teknologi kesehatan,” jelas Rosnawary.

Peringatan HKN Ke-59 tahun 2023 tingkat Kabupaten Luwu diikuti oleh tenaga kesehatan dari Dinas Kesehatan, Puskesmas se Kabupaten Luwu, Rumah Sakit dan Klinik, BPJS Kesehatan serta dari Perguruan Tinggi Kesehatan.

Kegiatan ini dimeriahkan sejumlah kegiatan dan penyerahan penghargaan kepada 4 orang tenaga kesehatan teladan yang berhasil membuat inovasi dalam bidang pelayanan kesehatan. Tenaga kesehatan tersebut adalah Nurmiati Hamzah (Puskesmas Bajo), Drg. Apriyanti (Puskesmas Walenrang), Aditya Pramudya (Puskesmas Walenrang Timur) dan Askar Ilyas (Puskesmas Belopa Utara). (*)

Komentar