Bisnisnya Terbentuk, Bupati Indah Dukung Program Tanam Pisang

Kabardedikan.com, Lutra – Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani mendukung langkah Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan Bahtiar Baharuddin melalui program budidaya pisang. Terlebih program ini, ekosistem bisnisnya mulai terbentuk dengan hadirnya PT Yas Export International melakukan kerja sama dengan Pemerintah Sulsel terkait bisnis pisang cavendis di Ruang Pola Kantor Gubernur Sulsel, Senin, 27 November 2023.

Indah dalam kesempatannya, mengajak seluruh pihak termasuk masyarakat untuk mendukung program gerakan ini. Sebab kata dia, budidaya pisang ini memiliki peluang bagus.

“Mengingat bahwa kebutuhan pasar internasional untuk pisang khususnya pisang cavendish masih cukup besar di mana kita ketahui bahwa selama ini baru 1% kebutuhan pisang cavendish yang dapat dipenuhi dari Indonesia khususnya dari Provinsi Lampung,” kata Indah.

“Peluang bisnis ini tentu sangat baik untuk masyarakat mengingat pemerintah dalam hal ini Pemerintah Provinsi Sulsel yang didukung begitu banyak pemangku kepentingan lainnya, sudah memikirkan rantai bisnisnya mulai dari hulu sampai ke hilir,” tambahnya.

Pemerintah Kabupaten Luwu Utara sebut Indah, ikut mengambil bagian dalam menyukseskan program ini apalagi potensi dan manfaatnya cukup besar. Sehingga dirinya berharap program ini dapat berlangsung dengan baik.

“Tidak hanya diucap tapi langsung dikerjakan karena sekali lagi rantai pasok dan bisnisnya sudah dipikirkan begitu matang. Jadi mulai dari hulu sampai dengan pasarnya bahkan yang tidak tercover/ produk yang tidak terakomodir juga dipikirkan akan menjadi produk olahan lainnya,” terang Indah.

Ia juga mengungkapkan lahan di Luwu Utara masih cukup luas yang kondisinya cocok untuk menanam pisang terutama cavendish. Tersedia juga lahan PTPN yang belum dikelola, begitu pun dengan program ketahanan pangan di desa kemudian pelibatan pondok-pondok pesantren yang masih memiliki lahan secara optimal.

“Ayo sukseskan program pemerintah yang pada akhirnya berujung pada kesejahteraan masyarakat karena pada umumnya untuk tanam pisang itu di kebun rakyat bukan industri. Ekosistem bisnisnya sudah dibentuk jadi sekarang waktunya bekerja. Hari ini akan dimulai dengan pasar Arab dan pihak lainnya seperti Lulu Hypermart yang berada di 22 negara. Jadi sekali lagi yuk kita kerja, kita tanam sekarang, kita petik tahun depan,” tandas Indah. (*)

Komentar