Cek Ketersediaan dan Harga Bahan Pokok, Gubernur Andi Sudirman: Masih Relatif Stabil

Kabardedikan.com, Luwu – Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman mengatakan stok bahan pokok masih relatif stabil kendati masih ada beberapa bahan pokok mengalami kenaikan.

Hal tersebut diungkapkan Gubernur Andi Sudirman saat melakukan pemantauan harga dan ketersediaan stok bahan pokok di Pasar Terong Makassar, Jumat, 24 Maret 2023.

“Dari pantauan di Pasar Terong, diantaranya harga bawang merah 35 ribu/kg; minyak kemasan Rp 22 ribu/liter; minyak curah Rp 13.300/kg; cabai Rp 50 ribu/kg; ayam Rp 60 ribu/ekor,” katanya.

Untuk menjaga stabilitas pasokan selama bulan Ramadhan ini, Pemprov Sulsel bersama Kabupaten/Kota akan berkoordinasi mengenai harga dan ketersediaan stok bahan pokok.

Selain itu dikatannya, akan menggelar operasi pasar apabila ada kenaikan melampaui batas untuk menekan harga bahan pokok.

“Pemerintah terus memastikan ketersediaan stok dan harga di bulan Ramadhan ini. Jika harga menunjukkan kenaikan yang cukup signifikan, maka akan dilakukan operasi pasar,” jelasnya.

Olehnya, memastikan ketersediaan pasokan bahan pangan, Pemprov Sulsel akan terus memantau dan berkoordinasi dengan gudang distributor, pasar tradisional, pasar ritel modern, serta produsen.

“Kita menghimbau masyarakat untuk bijak dalam berbelanja sesuai dengan kebutuhan,” pesannya.

Dalam pemantauan harga dan ketersediaan stok bahan pokok di Pasar Tradisional, turut dihadiri Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) VI Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Makassar, Hilman Pujana; Forkopimda Sulsel; serta para Kepala OPD Lingkup Pemprov Sulsel.(*)

Komentar