Kemenparekraf RI Gelar BISA Fest Pesona Kreasi Budaya Soppeng 2023, Lutfi Halide: Generasi Milenial Harus Ambil Peran

Kabardedikan.com, Soppeng — Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementerian Pariwasata (Kemenparekraf) RI menggelar kegiatan BISA (Bersih, Indah, Sehat dan Aman) Fest pesona kreasi budaya Soppeng di
Triple 8 Meeting Room pada Kamis, 16 Maret 2023.

Rosalin Sub koordinator event wilayah II A Kementrian Pariwisata dan Kreatif RI mengapresiasi Pemkab Soppeng khususnya Dinas Pariwisata yang terus mendukung, memajukan pariwisata melalui penyelenggaraan kegiatan serupa dengan tujuan untuk melestarikan budaya.

Menurutnya melalui penyelenggaraan kegiatan seperti ini merupakan langkah taktis untuk mempromosikan kekayaan tradisi seni budaya yang dimiliki suatu daerah.

“Ini langkah taktis untuk mempromosikan kekayaan tradisi seni budaya dan juga sumber daya alam. Kabupaten Soppeng memiliki banyak potensi pariwisata,” katanya.

Dirinya juga mengatakan, kehadiran Kementrian Pariwisata dan DPR Ri Komisi X untuk memberikan edukasi dan mendengarkan aspirasi masyarakat untuk peningkatan kualitas ekosistem suatu daerah.

Olehnya, dirinya meminta agar kegiatan ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya agar bisa mendapatkan ilmu dan informasi dalam membuat kegiatan pariwisata

“Memanfaatkan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, karena kami telah menghadirkan Mas Ardiansyah selaku nara sumber yang akan membagikan ilmunya agar kita dapat menciptakan suatu event yang berkualitas di daerah,” ucapnya.

Apalagi Kabupaten Soppeng sambung Rosalin, memiliki banyak sekali kebudayaan dan tradisi-tradisi yang unik dan khas yang tidak ada di daerah lain.

“Sehingga perlu dikemas dengan baik agar menjadi daya tarik wisata yang bernilai tinggi dan menjadi sarana promosi pariwisata destinasi di tingkat nasional maupun internasional,” tandasnya.

Dirinya menyebutkan juga, jika ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melaksanakan suatu event; harus sesuai dengan kebutuhan audiens saat ini. Menurutnya, harus mengikuti trend serta harus melek teknologi dengan memanfaatkan teknologi digital sehingga dapat menjangkau segala generasi.

Selain itu juga diperlukan penyelenggaraan event yang berkelanjutan dan memberikan manfaat positif bagi lingkungan, budaya maupun ekonomi lokal.

Sementara itu, Wakil Bupati Soppeng, Ir. Lutfi Halide MP mengungkapkan kegiatan BISA Fest 2023 di Soppeng sejalan dengan dengan Visi/Misi Kabupaten Soppeng yaitu “Soppeng yang lebih Melayani, Maju dan Sejahtera”.

Selain itu juga dalam kesempatannya, jika Kabupaten Soppeng di masa Pandemi tetap dapat meningkatkan perekonomian dibandingkan dengan Kabupaten lain.

“Saya sampaikan bahwa Kabupaten Soppeng adalah salah satu Kabupaten di Sulawesi Selatan yang mengalami peningkatan ekonomi pada masa Pandemi Covid-19 dibandingkan dengan Kabupaten lain,” ungkapnya.

“Hal ini dapat kita capai berkat sinergi dan kerjasama Bupati Soppeng dan seluruh jajarannya, karena ini merupakan tanggung jawab kami selaku pelayan masyarakat,” sambungnya.

Olehnya melalui kegiatan tersebut Lutfi mendorong para generasi milenial untuk mengambil peran dalam setiap aktivitas terutama dalam pengembangan Kabupaten Soppeng.

Selain itu juga, harapannya agar kegiatan tersebut berkelanjutan yang dilakukan secara rutin, karena menurutnya Soppeng memiliki banyak potensi yang dapat dikembangkan. (ANGGA)

Komentar