Bupati Lutra Optimis Turunkan Angka Stunting, IDP: Keterlibatan BKMT Sangat Diharapkan

Kabardedikan.com, Lutra – Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani menghadiri pengajian yang diselenggarakan Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Kabupaten Luwu Utara
di Masjid AT-Taufiq Babussalam, Desa Tandung, Kecamatan Malangke Barat, Minggu 22 Januari 2023.

Pengajian yang diselenggarakan rutin desa desa ini dilaksanakan setiap bulan. Pengajian itu pula didukung organisasi internal BKMT, Permata Desa dan Kelurahan.

Sebagai kepala Daerah, IDP sapaan Bupati Lutra ini mendukung kegiatan tersebut. Dalam kesempatannya, ia menghimbau BKMT dan Permata turut membantu pemerintah dalam mengurangi angka stunting dan kasus miskin terekstrem di Lutra.

“Stunting ini menjadi perhatian pemerintah, sebab pemerintah menargetkan penurunan angka stunting secara nasional pada 2024 mendatang sebesar 14%,” terang Indah.

Dirinya optimistis Luwu Utara mampu mencapai target Nasional tersebut. “Insya Allah, kita akan mempercepat penurunan stunting 14%,” ucap Indah lagi.

Menurutnya salah satu penyebab stunting adalah berat badan bayi di bawah 2 kg. Ia berharap BKMT mampu menerapkan program Gerakan Kejar Timbang atau Gertak.

Melalui program Gertak ini kata IDP, bisa mengetahui bayi yang ditimbang, apakah beratnya sesuai dengan usianya, seandainya beratnya di bawah target maka berpotensi terkena stunting.

Untuk itu, Bupati perempuan pertama di Sulsel ini berharap BKMT mampu mengatasi persoalan stunting yang ada di desa dan kelurahan masing-masing.

“Begitu juga dengan kasus miskin ekstrim, keterlibatan BKMT sangat kita harapkan,” harapnya.

Sementara itu, Ketua BKMT Lutra Harifah DM tak lupa menyampaikan terima kasih kepada Bupati yang selalu hadir di setiap kegiatan BKMT.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Bupati Luwu Utara atas dedikasinya memberi dorongan motivasi dan meluangkan waktunya untuk BKMT sampai ke pelosok desa,” ucap Harifah.(*)

Komentar