Dinas PUPR Luwu Gelar Bimtek Sistem Keselamatan Konstruksi

Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Manejemen Keselamatan Konstruksi ( SMKK) Digelar Dinas PUPR Luwu Bekerjasmaa Balai Jasa Konstruksi Balai Makassar di Hotel Borneo Belopa

KABARDEDIKAN.COM, Belopa Luwu – Dinas PUPR Kabupaten Luwu menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Manejemen Keselamatan Konstruksi ( SMKK) bekerjasama Balai Jasa Konstruksi Wilayah VI Makassar selama lima hari, 11 sampai 15 Oktober 2022 di Hotel Borneo Belopa.

Kadis PUPR Luwu Ikhsan Asaad mengatakan dasar hukum pelaksanaan SMKK ini ialah peraturan pemerintah nomor 14 tahun 2021 pasal 841 ayat 1 dan ayat 4.

Yang menyatakan setiap pengguna jasa dan penyedia jasa dalam penyelenggaraan jasa konstruksi harus menerapkan SMKK. SMKK merupakan pemenuhan terhadap standar Kemananan, Keselamatan, Kesehatan dan Keberlanjutan.

Selain itu pula tertuang dalam Permen PUPR Nomor 10 Tahun 2021 tentang Pedoman Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi, pasal 1 angka 3 menyebutkan Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi yang selanjutnya disingkat SMKK adalah bagian dari sistem manajemen pelaksanaan pekerjaan konstruksi untuk menjamin terwujudnya keselamatan konstruksi.

Kadis PUPR Luwu Ikhsan Asaad

Kadis PUPR juga menambahkan jika dalam kegiatan ini bermanfaat kepada rekanan agar ada kepercayaan diri dalam lingkungan konstruksi menimal standar kompetensi pengakuan publik.

” Kedepan setiap pekerjaan konstruksi akan dibutuhkan petugas SMKK, makanya teman-teman peserta bisa diberdayakan,” tuturnya dalam sambutannya.

” Petugas SMKK di Kabupaten Luwu sangat berpotensi sekali jika merujuk dalam segi anggaran. Hampir setiap konstruksi dibutuhkan SMKK, bukan ahli,” tambahnya.

Olehnya, karena setiap pekerjaan konstruksi potensi bahaya selalu ada dan orang yang memiliki sertifikasi SMKK kurang, Ikshan menyampaikan para peserta bisa mengikuti setiap materi, ” Saya berharap para peserta serius mengikuti setiap materi,” harapnya, seraya berharap pula Balai Jasa Konstruksi VI Makassar kedepan bisa tetap bekerjasama di bidang lain seperti Bimtek ahli jalan, gedung dan lainnya.

50 peserta mengikuti kegiatan Bimtek hari ini. Mereka akan mengikuti kegiatan selama lima hari kedepan. Di akhir kegiatan peserta mengunjungi proyek gedung Perpustakaan Luwu yang tengah dalam pembangunan sebagai materi praktek.

Dalam Bimtek SMKK ini pula tidak hanya mengenai keselamatan konstruksi, tetapi juga tentang kesehatan, konstruksi dan keberlanjutan, ” Bimtek SMKK ini sebenarnya bukan K3, kalau menurut saya K4 karena di dalamnya tidak hanya keselamatan, tetapi juga terkandung didalamnya kesehatan, konstruksi, dan keberlanjutan,” tandas Kadis PUPR Luwu.

Balai Jasa Konstruksi VI Makassar mengapresiasi PUPR Luwu menggelar kegiatan tersebut, pasalnya kegiatan ini sesuai amanah peraturan pemerintah tentang keselamatan dalam konstruksi.

Selain itu, ia berharap dalam kegiatan ini bisa menambah semangat dan usaha dalam sistem keselamatan dalam konstruksi di lingkungan kerja pada rekanan yang hadir sebagai peserta.

” Ini sangat penting meskipun dianggap kecil tetapi SMKK sangat mendukung dalam pekerjaan konstruksi di Kabupaten Luwu”.

Sekedar diketahui SMKK telah mengadopsi ISO 45001 yang telah berstandar internasional sebagai sistem manejemen konstruksi.(Ad/Jayanto)

Komentar